Pelajari Cara Untuk Merawat Alat Ukur dengan Bahan Stainless Steel

Penggunaan alat ukur pada dasarnya sangatlah membantu sekali dalam kehidupan manusia, karena dengan adanya instrument ukur tersebut, banyak sekali benda maupun objek yang dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan yang muncul. Sebagai produsen alat ukur antropometri terbesar di Indonesia, kali ini Solo Abadi akan menjelaskan mengenai bagaimana sih cara merawat alat ukur dengan bahan stainless steel? Maintaining apa saja yang seharusnya dilakukan pada alat ukur tersebut.

Tapi, sebelum ke hal itu, mari kita simak dan pahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari alat ukur.

Pengertian dari Alat Ukur

Alat ukur adalah alat yang membantu manusia untuk mengetahui ukuran dari suatu benda atau suatu kejadian. Adapun macam – macam alat ukur yang ada di kehidupan manusia, ada yang digunakan untuk mengukur massa, waktu, panjang, luas, sudut, suhu, tekanan.

Alat ukur membutuhkan perawatan agar tingkat ke – presisian alat ukur tersebut tidak berkurang sehingga dapat menampilkan angka yang akurat. Jika tingkat kepresisian alat ukur masih terjaga, benda kerja yang diproses dapat diketahui apakah benda tersebut sudah mencapai ukuran yang diinginkan atau belum.

Hollow Stainless Steel pada Alat Antropometri

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat Alat Ukur

Untuk menghindari kerusakan ataupun berkurangnya tingkat presisi pada alat ukur ada banyak cara merawat alat ukur yang sering sekali dilakukan di bengkel atau laboratorium, adapun berikut ini cara – caranya:

1. Penyimpanan alat ukur di tempat yang tertutup.

Biasanya alat – alat ukur disimpan di sebuah loker ataupun lemari dengan temperatur ruangan yang  sehingga alat ukur tersebut tidak memuai.

2. Hindari penumpukan penempatan alat ukur.

Penempatan alat – alat ukur tidak boleh ditumpuk begitu saja, karena setiap benda memiliki masa jadi bisa saja timbul kerusakan akibat penumpukan alat ukur.

3. Gunakan cover yang ada.

Selalu gunakan sarung ataupun kotak yang tersedia agar alat ukur tidak rusak akibat hantaman secara langsung dari benda lain.

4. Pemakaian yang sesuai target.

Gunakan alat ukur sesuai dengan cara pemakaian dan instruksi yang ada. Misalkan, sebuah penggaris stainless steel digunakan untuk mengukur ukuran suatu benda, bukan untuk dijadikan pengganti pisau.

5. Hindari benturan keras.

Usahakan agar alat ukur tidak terjatuh dan menghantam benda keras yang ada dibawah.

6. Hindari alat ukur dari benda kecil.

Selalu membersihkan alat ukur dari pasir ataupun potongan – potongan besi sebelum menyimpannya di tempat penyimpanan alat ukur tersebut.

7. Perawatan secara berkala.

Selalu melakukan perawatan dengan teratur secara periodik. Misalkan alat ukur dibersihkan apa bila ada benda – benda kecil yang bukan bagian dari alat ukur tersebut secara seminggu sekali ataupun terjadwal di hari terakhir bekerja.

Sama seperti alat ukur antropometri yang diproduksi oleh Solo Abadi di mana bahan baku dari alat ukur ini yaitu stainless steel menerima perlakuan yang sama seperti yang sudah disebutkan tadi, sehingga alat ukur antropometri dari Solo Abadi ini tetap terjaga ketelitiannya

Salah satu produk yang kami produksi menggunakan stainless steel sendiri adalah antropometri kit atau portable antropometri.

Sebelumnya kami telah membahas mengenai bagaimana cara perawatan alat antropometri ini dengan disinfektan, khususnya di masa pandemi. Agar alat tersebut tetap aman dan steril. Berikut adalah beberapa gambar dari alat antropometri yang di produksi oleh Solo Abadi.

Konsultasikan mengenai perawatan alat ukur bersama Solo Abadi

Solo Abadi memiliki peralatan dan operator yang handal sehingga dapat menghasilkan bagian – bagian kursi antropometri dengan tingkat ketelitian yang tinggi dan juga awet, dan juga telah dipercaya dan telah banyak digunakan oleh banyak instansi.

Kalian dapat mengunjungi website milik Solo Abadi untuk mengetahui lebih lanjut tentang alat ukur yang diproduksi oleh Solo Abadi seperti Kursi Antropometri dan Metrisis di sini. Kalian juga dapat menghubungi Solo Abadi dengan mengakses linknya di sini. Dan bisa juga menghubungi melalui Whatsapp Solo Abadi ataupun email kami.

Facebook Comments
Bagikan!