Beberapa Bentuk-Bentuk Part Yang Bisa Dibuat Menggunakan Mesin CNC

Pada perkembangan dunia industri permesinan, mesin yang munggunakan kontrol sistem CNC bukan merupakan sebuah hal yang dianggap tabu. Penggunaan sistem tersebut sudah sangat populer pada kondisi modern sekarang ini. Mesin CNC pertama sendiri diciptakan pada tahun 1952. Mesin tersebut kemudian kembali dikembangkan oleh salah satu insinyur dari Institut Teknologi Massachusetts yang bernama John Pearson, awal mula perintisan mesin ini hanya untuk membuat benda – benda yang sangat rumit dan juga presisi.

Pada masa itu, perangkat dan partnya masih menjadi kendala karena harganya yang tinggi, bukan hanya harganya yang tinggi namun juga masalah kontrol pada saat itu yang terbilang cukup besar karena teknologi belum cukup maju.

Pada tahun 1975 pekembangan mesin CNC sangat pesat, perkembangan ini didukung dengan mikroprosesor yang menyebabkan mesin yang dulunya mempunyai bentuk yang sangat besar menjadi lebih kecil, dan sampai sekarang teknologi tersebut terus dikembangkan lagi.

Bentuk yang bisa dibuat oleh mesin CNC

Banyak bentuk benda yang bisa dikerjakan oleh mesin CNC dan hampir semua bentuk bisa dikerjakan oleh mesin ini, hal ini tergantung pada teknologi yang berada pada mesin tersebut. Secara umum bentuk dasar yang bisa dikerjakan oleh mesin CNC adalah Contour, pocket, dan hole. Apa itu yang disebut contour, pocket, dan juga hole ?

1. Contour

Contour sendiri merupakan sebuah bentuk benda yang menonjol dari suatu benda yang mempunyai panjang, lebar, dan tinggi ataupun bisa diartikan bentuk luar dari suatu benda. Contour sendiri terbentuk dari pengikisan tool dari samping ke dalam sesuai bentuk yang diinginkan oleh pembuat program, dan jika bentuk contour sulit maka akan memerlukan tool yang sesuai ataupun axis yang lebih banyak.

2. Pocket

Pocket merupakan lubang tidak tembus yang berada pada suatu benda. Cara pembuatan pocket adalah dengan cara mengikis atau mengurangi benda dari atas benda menuju kedalam atau kebawah. Bentuk dari pocket akan sesuai dengan tool dan juga pergerakan toolnya. Jika bentuk pocketnya rumit maka juga akan memerlukan tool yang sesuai dan juga axis yang lebih banyak, sama seperti saat pembuatan contour.

3. Hole

Dari ke dua bentuk yang ada bentuk hole adalah bentuk yang bisa disebut sebagai bentuk termudah dari semua bentuk, hole sendiri dapat diartikan sebagai lubang. Maka bentuk hole adalah suatu bentuk lubang tembus dari suatu benda, bentuk ini biasanya lebih presisi karena akan ada pasanganya.

Dari semua bentuk tersebut, pada umumnya suatu bentuk benda meliputi contur, pocket, dan hole. Ketiga bentuk benda tersebut mempunyai peran masing-masing. Misalnya saja dalam suatu benda berbentuk botol, contour dan pocket dalam botol tersebut sangat berberan penting. Dalam botol tersebut contournya berperan sebagai bentuk botol, sedangkan pocket berperan sebagai wadah.

Kami menawarkan jasa pembuatan part menggunakan mesin CNC

Sebagai perusahaan manufaktur yang sudah berdiri selama 15 tahun, Solo Abadi sudah dipercaya oleh berbagai clients dan telah memproduksi ribuan spare-parts mesin dan produk custom khusus. Berikut merupakan berbagai jasa yang bisa kalian dapatkan:

  1. Jasa Bubut;
  2. Jasa Miling;
  3. Jasa Fabrikasi;
  4. Jasa Machining; dan
  5. Jasa Special Product Machine.

Apabila kalian tertarik untuk melakukan kerja sama dengan Solo Abadi, kalian dapat menghubungi kami melalui link berikut. Kalian dapat juga menghubungi kami melalui nomor whatsapp kami.

Sebagai bukti keprofesionalitasan kami, berikut merupakan beberapa foto komponen yang sudah pernah kami produksi.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar