Skinfold Caliper adalah Alat Ukur Lipatan Kulit, Lalu Apa Fungsinya?

Kali ini, Solo Abadi berkesempatan untuk membagikan informasi mengenai Skinfold Caliper. Banyak pelanggan kami yang sering kali menanyakan mengenai produk kami yang satu ini. Mengapa? Skinfold Caliper telah banyak digunakan pada berbagai bidang terutama olahraga. Alasan utamanya adalah untuk melakukan pengukuran pada setiap atlet.

Lalu seperti apa sih skinfold caliper? Yuk simak informasinya!

Pengertian Skinfold Caliper

Skinfold Caliper adalahsebuah alat yang digunakan secara portable untuk menghitung lemak tubuh di bawah kulit. Instrumen ini akurat, murah dan mudah digunakan untuk mengukur komposisi lemak tubuh.  Alat ini berbentuk seperti penjepit, namun terdapat angka-angka dibawahnya yang berguna untuk memberikan informasi terkait ketebalan kulit subjek yang diukur.

Biasanya bagian tubuh yang diukur menggunakan alat ini adalah bagian lengan atas, bagian punggung, bagian perut bawah, paha dan betis. Keakuratan dan ketelitian alat ini tergantung pada keterampilan pemeriksa serta jenis Skinfold Caliper yang digunakan.

Jenis Skinfold Caliper

Jenis-jenis alat pengukur lemak yang beredar dipasaran diantaranya seperti Slim Guide Skinfold Caliper, Harpenden Skinfold Caliper, Holatin Skinfold Caliper, Cercoft Skinfold Caliper,  dan Skydex Skinfold Caliper.

Fungsi Skinfold Caliper

Skinfold caliper utamanya berfungsi untuk mengukur lipatak tubuh manusia, melalui pengukuran ini, diharapkan kita dapat menghitung presentase lemak dari data yang tersedia. Pengukuran presentase lemak tubuh yang akurat merupakan hal yang diperlukan untuk memonitor lemak tubuh, obesitas dan untuk rencana pengaturan diet dalam program pelayanan kesehatan. Hal ini karena lemak tubuh terdiri dari lemak dibawah kulit dan lemak daerah perut.

Saat ini, pengukuran lemak menjadi hal penting karena terdapat akibat dari obesitas. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan oleh obesitas seperti diabetes melitus, hipertensi, gagal jantung akibat kelemahan otot jantung atau kardiomiopati. Selain menimbulkan penyakit, obesitas juga menimbulkan banyak persoalan psikososial seperti depresi, reaksi cemas atau stres terutama pada wanita.

Oleh karena itu pengukuran presentase lemak tubuh secara berkala menjadi salah satu langkah penting dalam rangka mendeteksi secara dini serta mengantisipasi resiko kesehatan yang dapat terjadi pada seseorang. Nah, inilah kemudian pentingnya metode pengukuran presentase lemak tubuh adalah dengan menggunakan Skinfold Caliper.

Pengukuran Lemak Menggunakan Skinfold Caliper

Cara menggunakan alat pengukur lemak tubuh adalah sebagai berikut  :

  • Pertama, gunakan ibu jari dan telunjuk tangan kiri untuk menjepit/mencubit lokasi kulit dengan lebar yang cukup untuk mendapatkan lipatan yang baik.
  • Kedua, tarik lipatan kulit dan lapisan lemak dibawahnya dengan tangan kiri menjauhi tubuh. Jangan khawatir akan tercubit otot karena otot bersifat rapat/kokoh dan tidak akan ikut tertarik bersama kulit dan lemak
  • Terakhir, ketika menarik lipatan kulit menggunakan tangan kiri, letakkan mulut caliper sekitar ¼ inchi dari jari-jari tangan kiri. Lepaskan pelatuk caliper hingga seluruh kekuatan mulut berada pada lipatan kulit. Tanpa melepaskan tangan kiri biarkan kekuatan caliper secara perlahan selama beberapa detik untuk mendapatkam pembacaan yang benar. Tuliskan hasil pembacaan dan lanjutkan pemeriksaaan ke lokasi yang lain.

Alat Yang Digunakan Untuk Mengukur Lipatan Kulit

Solo Abadi sebagai produsen alat antropometri dan alat kesehatan terbesar di Indonesia, memiliki skinfold caliper yang bisa digunakan untuk mengukur lipatan kulit dengan mudah. Selain itu, kami memiliki dua jenis skinfold yang bisa digunakan sebagai berikut :

1. Harpenden Skinfold Caliper

Metrisis Harpenden Skinfold Caliper merupakan alat ukur yang digunakan untuk menghitung ketebalan lipatan kulit tubuh manusia. Perhitungan ini dapat digunakan untuk memperkirakan presentase jumlah lemak pada tubuh.

Keunggulan dari Skinfold Caliper:

  1. Instrumen paling presisi untuk mengukur lemak
  2. Memenuhi standar alat ukur yang akurat
  3. Pengoperasian alat sangat mudah
  4. Skala yang terlihat jelas saat pengukuran
  5. Bahan baku premium
  6. Terdapat fitur ‘floating tips’ lengkap dengan kalibrasi
  7. Terdapat Carrying Case Ekslusif dari Kayu
  8. Tersedia instruksi pemakaian alat

Berikut merupakan foto dari Harpenden Skinfold Caliper kami:

2. Slim Guide Skinfold Caliper

Slim Guide Skinfold Caliper merupakan Instrument yang digunakan untuk mengukur presentase lemak melalui lapisan kulit pada tubuh. Bahan dari skinfold caliper ini terdiri dari plastik ABS dengan desain seperti pegangan pistol yang nyaman untuk digunakan. Dengan harga yang ekonomis, alat ini mampu memenuhi kebutuhan pengukuran yang dibutuhkan.

Keunggulan Slim Guide Skinfold Caliper:

  1. Pengoperasian alat sangat mudah
  2. Skala yang terlihat jelas saat melakukan pengukuran
  3. Bahan baku alat plastic sehingga alat lebih ringan
  4. Perawatan alat yang mudah dibersihkan
  5. Alternatif skinfold dengan harga terjangkau
  6. Tersedia instruksi pemakaian alat
  7. Terdapat pegas ganda sehingga pengukuran bisa dilakukan dengan konsisten

Berikut merupakan foto dari Slim Guide Skinfold Caliper kami:

Hubungi Kami Untuk Pemesenanan

Jika anda tertarik untuk mendapatkan produk skinfold caliper dari Solo Abadi, jangan khawatir, anda bisa langsung terhubung dengan kami melalui WhatsApp di 0851-0088-8111 atau ke 0812-2652-0305. Kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk anda.

Selain itu, produk antropometri kami telah digunakan di 40 Universitas di Seluruh Indonesia. Kami harap, produk kami bisa memberikan manfaat yang besar untuk banyak orang. Jika anda tertarik, segera hubungi kami ya!

Facebook Comments
Bagikan!