Pelajari Seberapa Pentingkah Ergonomi untuk Kesehatan Tubuh

Kita sering melakukan kegiatan dan pekerjaan yang mengakibatkan tubuh merasa lelah atau kurang nyaman. Namun apakah kita sudah menyadari, bahwa kenyamanan atau yang sering disebut ergonomi ini memberikan pengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Padahal kesehatan tubuh adalah hal utama yang paling penting dalam kita melakukan kegiatan sehari hari.

Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan pada saat bekerja dalam lingkungan. Secara singkat dapat dikatakan bahwa ergonomi adalah penyesuaian tugas pekerjaan dengan kondisi tubuh manusia yang ditujukan untuk menurunkan stress yang akan dihadapi.

sumber : freepik.com

Pentingnya Ergonomi untuk Kesehatan

Pentingnya ergonomi pada setiap kegiatan memiliki banyak tujuan yang akan sangat membantu kita dalam melakukan kegiatan, maka kita dapat mengetahui ukuran yang presisi dan akurat sesuai dengan ukuran dimensi tubuh manusia, seperti ketika kita akan merancang lingkungan kerja dan mendesain produk. Kita dapat mengetahui jarak yang sesuai dan ergonomis ketika terdapat interaksi antara operator dengan kursi, meja dan seperangkat komputer. dan yang pasti akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa tujuan dari pentingnya ergonomi :

  • Menghindari terjadinya kecelakaan kerja
  • Meningkatkan efisiensi kerja
  • Untuk kepentingan kesejahteraan
  • Mengoptimalkan beban kerja sesuai dengan hasil kerja
  • Menyesuaikan alat penunjang dan lingkungan kerja
  • Mencegah sakit dan kesalahan kerja
sumber : infoteknikindustri.com

Manfaat dalam Menerapkan Ergonomi

Ergonomi berperan penting dalam menentukan performa di berbagai kegiatan. Hal yang perlu kita ketahui adalah bahwa ergonomi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Inilah manfaat yang bisa kita dapatkan :

  1. Mencegah cidera
  2. Meningkatkan kualitas hidup
  3. Meningkatkan kualitas kerja
  4. Mengurangi kelelahan dan ketidaknyamanan kerja
  5. Memiliki postur tubuh yang baik


Sumber : vektorstock.com

Pengaruh Ergonomi Dalam Kegiatan Sehari Hari

Dari pengalaman  sehari hari menunjukkan bahwa setiap aktivitas atau pekerjaan yang dilakukan, apabila tidak dilakukan secara ergonomis maka akan mengakibatkan :

  • Ketidaknyamanan
  • Biaya tinggi untuk penanggulangan (akibat dari ketidak ergonomisan)
  • Kecelakaan dan penyakit akibat kerja meningkat
  • Performa turun yang berakibat pada penurunan efisiensi kerja

Di dalam kegiatan sehari hari kita, terutama di dalam rumah banyak sekali hal yang sangat penting untuk memperhatikan keergonomisan, Nah berikut beberapa contoh keergonomisan yang harus ada di dalam rumah.

  1. Mengatur posisi meja dan kursi kerja di dalam rumah
  2. Posisi ketinggian dan kemiringan tangga
  3. Menentukan tinggi posisi perabotan rumah agar mudah digapai
  4. Peletakkan instrumen listrik
  5. Pengaturan pencahayaan ke dalam rumah
  6. Menentukan lebar dan tinggi pintu
  7. Membuat desain dapur yang sesuai dengan pemilik rumah dan posisi perabotan yang digunakan
  8. Menentukan luas ruangan yang digunakan
  9. Menentukan peletakan posisi peralatan di toilet

Maka dari itu sangatlah penting kita mengutamakan nilai ergonomi dalam kegiatan sehari hari karena akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Selain itu dengan menerapkan desain ergonomi pada setiap hal di keseharian kita itu akan membantu kita untuk menjaga kesehatan karena akan terhindar daro cidera maupun kecelakaan kerja yang pastinya tidak kita inginkan.

Ini adalah alat yang dapat membantu Anda menentukan nilai Ergonomi

1. Kursi Antropometri

Kursi Antropometri adalah alat ukur antropometri yang digunakan untuk mengukur dimensi tubuh manusia. Kursi Antropometri merupakan salah satu pilihan dalam mengaplikasikan ilmu ergonomi yang terdapat dalam sebuah desain minimalis. Alat ukur ini dapat mengukur hingga 34 ukuran tubuh manusia.

Pengukuran pada Kursi Antropometri dibagi menjadi tiga bagian yaitu pada area berdiri, duduk dan wajah. Pengukuran menggunakan Kursi Antropometri sangat sederhana, mudah dan efektif karena alat ini dilengkapi dengan colokan listrik.

2. Antropometri MetrisisPortable

Portable Antropometri Kit merupakan produk alat ukur antropometri terbaru dari Solo Abadi. Instrumen ini terinspirasi dari antropometri yang ditemukan oleh Rudolf Martin, seorang ilmuwan yang mempelajari antropologi. Aalt ini juga terdiri dari berbagai bagian yaitu antropometer, jangka sorong, jangka sorong kecil dan besar.

Portable Anthropometry Kit dapat melakukan pengukuran hingga lebih dari 100 dimensi tubuh manusia. Pengukuran menggunakan produk kami dibagi menjadi tiga bagian yaitu pada posisi berdiri, duduk dan pada area kepala.

Beginilah cara mendapatkan alat ukur antropometri yang berkualitas

Untuk membeli alat ukur antropometri yang tepat, Anda bisa membeli produknya di Solo Abadi. Mengapa Solo Abadi adalah produsen yang tepat untuk kebutuhan alat ukur Anda, beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

  • Merupakan produsen dan distributor alat antropometri pertama di Indonesia
  • Bahan berkualitas tinggi
  • Harga bersaing sesuai kualitas barang
  • Proses pembelian yang mudah dilakukan
  • Purna jual maksimum untuk pelanggan kami.

Untuk membeli produk kami, Anda dapat mengunjungi media sosial kami di Instagram @soloabadi dan facebook kami Solo Abadi, atau datang ke bengkel kami di Solo, Jawa Tengah, Anda juga dapat menghubungi kami melalui WhatsApp di bawah ini. Harga bisa ditanyakan langsung ke kami. Dengan ramah, tim marketing kami akan siap memberikan pelayanan terbaik untuk Anda dan memberikan kebutuhan terbaik untuk Anda.

Facebook Comments
Bagikan!