Peran Posyandu Untuk Menanggulangi Kondisi Stunting di Indonesia

Hingga kini, kondisi stunting masih menjadi problematika yang cukup serius terutama untuk berbagai daerah tertinggal. Pos Pelayanan Terpadu atau yang kita ketahui sebagai Posyandu, memiliki berbagai peran penting untuk upaya mencegah sekaligus mengurangi angka stunting yang ada diseluruh Indonesia. Namun sebelum kita mengetahui lebih lanjut, apakah kalian tau apa itu Posyandu?

Pengertian Posyandu

Berdasarkan sumber resmi dari Departemen Kesehatan, Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia dalam memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi  pelayanan imunisasi,pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Tujuan dan Fungsi Posyandu

Tujuan Posyandu menurut Effendy (1998), dibentuknya Posyandu sendiri untuk memfokuskan beberapa hal berikut :

  • Mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak.
  • Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak.
  • Mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia sejahtera.
  • Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan.
  • Meningkatkan dan pembinaaan peran serta masyarakat dalam rangka alih teknologi untuk swakelola usaha kesehatan masyarakat.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai  fungsi Posyandu, terutama di daerah pelosok. Berikut adalah beberapa fungsi dari Posyandu :

  1. Untuk memantau kesehatan ibu dan anak.
  2. Sebagai wadah bertukar informasi.
  3. Sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang sehat.
  4. Mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi Posyandu sebagai pendukung program kesehatan dalam masyarakat, kita jadi lebih sadar pentingnya Posyandu di Indonesia bukan?

Peran Posyandu untuk menangani Stunting di Indonesia

Posyandu merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan dan gizi kepada ibu hamil dan anak balita. Berkaitan dengan persoalan stunting di Indonesia, Posyandu sebagai sarana yang tepat untuk sosialisasi terhadap masyarakat daerah yang berkaiatan dengan gizi dan pertumbuhan anak.

Di Indonesia sendiri, Posyandu berada pada deteksi awal dan kader di lapangan. Deteksi awal terkait dengan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi, sehingga jika ditemukan masalah atau abnormalitas pertumbuhan bayi 0-23 bulan dapat terdeteksi di Posyandu. Kemudian sebagai kader atau penggerak dalam mensukseskan upaya penurunan stunting lewat Posyandu dan Puskesmas di Indonesia.

Berikut beberapa peran dan upaya Posyandu dalam menangani Stunting di Indonesia :

  1. Dengan melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang pencegahan stunting.
  2. Memberikan program pengabdian masyarakat dengan tema stunting kepada orangtua, yang bermanfaat bagi tumbuh kembang balita.
  3. Memberikan pelatihan kader dan penyuluhan kader agar lebih trampil dalam mendeteksi dan menanggulangi masalah gizi anak, khususnya stunting.
  4. Pemantauan tumbuh kembang bayi dan balita setiap bulan di Posyandu, sehingga dapat melakukan penanganan dini dalam deteksi sunting.

Produk Solo Abadi yang digunakan Posyandu dan Puskesmas di Indonesia

Untuk mencegah dan mengurangi angka stunting di Indonesia tentunya harus dilakukan deteksi dini bayi dari usia 0-24 bulan untuk dilakukan pengukuran panjang pada tubuh bayi secara berkala.

Kami merekomendasikan produk dari Solo Abadi yaitu Paket Antropometri Kit untuk mengatasi Stunting, yang sudah dipakai oleh banyak Puskesmas dan Posyandu di Indonesia. Produk dari Solo Abadi Indonesia telah terbukti berkualitas dan tentunya memiliki harga yang cukup kompetitif memudahkan anda untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi atau balita.

Keunggulan Paket Antropometri dari Solo Abadi Indonesia

Berikut keunggulan dari Paket Antropometri dari Solo Abadi Indonesia :

  1. Sesuai dengan anjuran Pemerintah Indonesia.
  2. Alat ini diproduksi menggunakan bahan berkualitas tetapi dengan harga yang bersahabat.
  3. Terdapat banyak pilihan paket dengan desain yang menarik.
  4. Alat yang simple memudahkan penggunaan.
  5. Mendapakan Tas Parasut untuk penyimpanan Antropometri Kit

Berikut ini beberapa contoh gambar Antropometri Kit dari Solo Abadi Indonesia :

Terkoneksi dengan Kami

Segera dapatkan Alat Pengukur Panjang Bayi, dengan cara klik Ask For Price tombol yang tersedia. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, jangan ragu hubungi kami melalui Whatsapp. Atau bisa kunjungi Marketplace kami di Shopee , Tokopedia, ataupun Bukalapak. Terkait Informasi produk lebih lengkap, kunjungi website kami disini.

Facebook Comments
Bagikan!