Pentingnya Untuk Tetap Menerapkan Ergonomi Walaupun Menjalani ‘Work From Home’

Karena pandemi masih terjadi dari awal tahun hingga detik ini, banyak di antara kita yang harus menerapkan work from home; baik itu bekerja ataupun belajar di rumah masing-masing. Walaupun begitu, kita tetap tidak boleh melupakan ergonomi.

Sebagai pengingat kalian, ergonomi adalah penerapan atau pengoptimalan antara gerak manusia dengan sistem, perilaku, hingga metode agar sesuai dengan segala kebutuhan manusia atau dapat membantu manusia dalam mencapai tujuannya secara efektif.

Tujuan Penerapan Ergonomi

Seperti yang sudah pernah kami bahas di artikel-artikel sebelumnya, ruangan bekerja kita harus menerapkan ergonomi. Hal tersebut harus diterapkan karena ergonomi memiliki berbagai makna dan tujuan penting, seperti:

1. Memaksimalkan Efektifitas dalam Bekerja.

Salah satu tujuan utama dalam menerapkan ergonomi dalam bekerja (baik di kantor ataupun rumah) yaitu memaksimalkan proses bekerja. Jika kita menerapkan ergonomi, kita pasti akan memperhatikan posisi berdiri ataupun duduk dalam bekerja.

Selain itu, kita pasti juga akan memperhatikan letak posisi peralatan pendukung dalam bekerja. Sehingga, kita dapat mengambil peralatan pendukung saat bekerja dengan mudah (karena berada di jangkauan kita).

Dan itu semua dapat membuat kita semakin optimal dalam bekerja.

2. Mengurangi Resiko Kecelakaan dalam Bekerja.

Kalau kita benar-benar memperhatikan tempat kerja dengan menerapkan sifat ataupun sistem ergonomi, kemungkinan terjadinya kecelakaan dalam bekerja akan semakin mengecil.

Contohnya seperti kebiasaan user yang setiap harinya melakukan pekerjaan di depan komputer. Duduk dengan posisi yang tidak proporsional yang dilakukan secara terus-menerus akan mengakibatkan user mengalami pegal di bagian pinggang ataupun leher.

Selain itu, orang-orang yang bekerja di dalam rumah biasanya tidak terlalu memperhatikan jarak pandang antara mata dengan layar kerja, padahal hal tersebut merupakan kebiasaan yang salah.

Kita harus membiasakan diri dengan melihat layar kerja atau monitor laptop atau computer kita dengan jarak sekitar 50 – 70 cm. Kemudian, hindari bekerja di sembarangan tempat, contohnya seperti bekerja di atas sofa ataupun kasur dengan posisi tubuh membungkuk dam punggung bawah tidak tersangga.

3. Kenyamanan dalam Bekerja sehingga Meningkatkan Produktivitas

Jikalau tempat singgah kita sehari-hari harus merangkap juga menjadi kantor, tentu kita ingin membuatnya menjadi senyaman mungkin. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menerapkan berbagai aspek-aspek penting di ergonomi.

Dengan menerapkan berbagai aspek di ergonomi seperti mempersiapkan tempat kerja yang proper dengan mengatur termal, pencahayaan hingga mengatur kebisingan tempat kerja. Jika semuanya sudah teratasi, kita bisa meningkatkan produktivitas dan konsentrasi dalam bekerja.

Berbagai Cara Menerapkan Ergonomi walau Work From Home

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, menerapkan ergonomi walaupun sedang bekerja di dalam rumah tetaplah penting. Untuk kalian yang bingung bagaimana cara menerapkannya, berikut merupakan berbagai cara untuk tetap ergonomi walau sedang work from home:

  1. Cari tempat untuk bekerja dengan kondisi yang nyaman namun tidak di sembarang tempat. Jika ada meja dan kursi, gunakanlah itu. Jangan lupa untuk memberikan bantalan pada punggung bawah, dan duduk dalam posisi tegak (tidak membungkuk). Jika tidak memiliki meja, laptop bisa diletakkan di pangkuan kalian.
  2. Pastikan posisi pergelangan tangan kalian lurus saat bekerja menggunakan laptop ataupun komputer.
  3. Posisikan ketinggian atas layar laptop ataupun komputer kalian selevel dengan pandangan mata kalian.
  4. Pastikan jarak pandang kalian dengan laptop ataupun komputer sejauh 50 – 70 cm.
  5. Lakukanlah peregangan otot di sela-sela waktu kalian bekerja, agar badan tidak menjadi kaku.
  6. Buatlah tempat kerja kalian senyaman dan seefektif mungkin agar menciptakan nuansa kerja yang produktif.

Terdapat berbagai aspek penting yang harus diperhatikan dan dilakukan, sebelum akhirnya menerapkan ergonomi. Salah satunya yaitu hasil pengukuran antropometri. Hasil pengukuran tersebut diperlukan untuk merancang berbagai alat bantu kerja yang sesuai dengan user.

Berbagai Alat Ukur Antropometri Terbaik

Untuk memenuhi kebutuhan kalian guna memperoleh hasil pengukuran antropometri yang tepat dan akurat, Solo Abadi menyediakan alat ukur antropometri terbaik. Berikut merupakan berbagai alat yang kami produksi:

1. Portable Antropometri Complete Set Series

Portable Antropometri Complete Set Series merupakan alat ukur antropometri yang dapat menghitung seluruh dimensi tubuh luar manusia. Portable Antropometri Complete Set Series berisikan berbagai alat ukur antropometri yang dikemas di dalam suitcase yang elegan, di antaranya:

  • Portable Antropometer Set;
  • Sliding Block;
  • Branches Measurement Curves;
  • Sliding Caliper; dan
  • Small Spreading Caliper.
  • Kursi Antropometri

2. Kursi Antropometri

Kursi Antropometri yang diproduksi oleh Solo Abadi merupakan bentuk upgrade dari yang sebelumnya beredar di pasaran (yang hanya terbuat dari kayu dan menggunakan stature meter untuk mengukur tinggi badan). Dengan menggunakan bahan kualitas tertinggi, Kursi Antropometri dapat menghitung antropometri tubuh secara mendetail.

Cara Memesan Alat Ukur Antropometri produced by Solo Abadi

Apabila kalian tertarik untuk memiliki alat ukur antropometri yang berkualitas, kalian bisa mengunjungi link berikut:

Jika ada yang ingin kalian tanyakan mengenai alat ukur antropometri yang sesuai dengan kebutuhan kalian, silahkan hubungi WhatsApp kami di nomor 0851 0088 8111. Jangan ragu kalian hanya ingin menanyakan harga atau detail mengenai produk kami, karena kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk kalian.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar