Pentingnya Ilmu Antropometri pada Perancangan Kursi Gaming

Pada perkembangan dunia digital telah berkembang dengan sangat pesat. Terdapat banyak sekali gamer, streamer maupun pembuat konten game hingga vlog yang bekerja dalam industri digital. Untuk menunjang matapencaharian mereka, salah satu faktor yang penting dan wajib dimiliki oleh para gamer, streamer maupun conten creator adalah peralatan yang meningkatkan kinerja mereka yaitu kursi gaming. Kursi gaming sangat dibutukan, apalagi jika pekerjaan mereka banyak dihabiskan dengan memainkan game dalam waktu lama, menonton banyak E-sports, streamer Youtube atau Twitch, serta membuat konten-konten lainya.

sumber : secretlab.sg

Dalam merancang atau mendesain suatu produk yang berhubungan dengan kenyamanan dan bentuk tubuh manusia sangat penting untuk menerapkan Ilmu Antropometri, apalagi produk tersebut sangat mengutamakan nilai ergonomis berdasarkan berat badan, ukuran tubuh manusia dan volume tubuh. Dalam perancangan kursi gaming ini sangat penting karena memberikan pengaruh terhadap kesehatan penggunanya.

Sudahkah kamu mengetahui apa itu Antropometri?

Antropometri adalah suatu studi yang berhubungan dengan pengukuran dimensi tubuh manusia. Sedangkan menurut sumber lainnya, antropometri adalah satu kumpulan data numerik yang berhubungan dengan karakteristik fisik tubuh manusia, ukuran, bentuk dan kekuatan serta penerapan dari data tersebut untuk penanganan masalah desain.

Antropometri secara luas akan digunakan sebagai pertimbangan ergonomis dalam proses perencanaan (design) produk maupun sistem kerja yang akan memerlukan interaksi manusia.

Pentingnya Penerapan Antropometri dalam Perancangan Kursi Gaming

Frank Maas, ahli E-sports ergonomics (2016), sangat menekankan posisi duduk saat bermain game, terutama saat bertanding selama berjam-jam. Menurutnya, posisi sangat menentukan pernapsan, kecepatan refleks, tingkat kefokusan, ketahanan stamina, dan menghindarkan kita dari potensi sakit punggung serta peradangan pada pangkal telapak tangan (carpal tunnel syndrome). Inilah dimana kursi gaming atau gaming chair akan sangat bermanfaat.

Menurut Frank Maas, duduk untuk waktu lama membutuhkan posisi yang tepat. Prinsipnya, posisi punggung harus tetap tegak lurus, namun tetap rileks. Lumban atau bantalan antar tulang belakang hendaknya disenderkan secara nyaman pada bantalan kursi yang mengikuti kontur atau posisi tulang belakang.

Selain posisi tulang belakang, posisi kaki juga harus menapak sempurna di lantai, dengan posisi tulang paha vertikal sedikit menurun agar peredaran darah, baik dari jantung ke kaki ataupun sebaliknya, tetap lancar. Risiko kesehatan gamers dengan pekerja yang mengharuskan duduk rata rata lebih dari 6 jam sehari memiliki tingkat risiko yang sama, kalian pastinya gak mau kan masih muda dan melakukan hobi tapi sakit punggung.

sumber : 1-hp.org

Aspek yang diperhitungkan dalam merancang kursi gaming.

  1. Tinggi Sandaran Pundak (Upper back)
  2. Tinggi Sandaran Punggung (Lower Back)
  3. Tulang Duduk (Sitting Bones)
  4. Paha dibelakang Lutut (Thigh Behind the Knee)
  5. Area belakang Lutut (Area Behind the Knee)
  6. Dudukan Lengan (Arms)
  7. Jarak Kaki (Feet)

Inilah Kursi Gaming yang cocok untuk Gamers.

Berikut pentingnya untuk ukuran kursi gaming berdasarkan data antropometri tubuh gamer adalah sebagai berikut :

  1. Tinggi Sandaran Pundak (Upper back)
    Untuk mengurangi tekanan pada cakram di leher dan untuk membantu menjaga otot-otot di bahu dan leher agar tetap rileks
  2. Tinggi Sandaran Punggung (Lower Back)
    Kursi gamer memiliki pilihan, kemiringan bagian belakang kursi 90-120 derajat. Untuk menjaga punggung bawah Anda menempel di kursi. Duduk jauh dari sandaran punggung dapat menyebabkan posisi membungkuk.
  3. Tulang Duduk (Sitting Bones)
    Duduklah dengan pinggul ke belakang di kursi sehingga punggung Anda menempel pada sandaran punggung. Jaga agar posisi kedua paha tetap rata di kursi.
  4. Paha belakang lutut (Thigh Behind the Knee)
    Ketinggian meja harus cukup tinggi sehingga menutupi bagian atas paha. Ketinggian meja Anda juga harus cukup rendah sehingga lengan bawah Anda sejajar dengan lantai dan meja. Agar beban dapat terbagi dan paha tidak mudah kram.
  5. Area belakang Lutut (Area Behind the Knee)
    Kursi gaming juga tidak boleh terlalu pendek, minimal posisi lutut membentuk sudut ideal 90-120 derajat. Agar lutut dapat rileks dan tidak mudah kram.
  6. Dudukan Lengan (Arms)
    Ini adalah elemen penting dalam ergonomi game karena bisa memberikan kenyamanan saat bermain dan mengurangi resiko cedera siku karena adanya tekanan yang berlebihan.
    Posisi arms rest harus berada tepat di kedua siku tangan seorang gamer, tidak boleh terlalu tinggi dan terlalu lebar.
  7. Jarak Kaki (Feet)
    Ketinggian kursi harus memungkinkan kaki anda untuk beristirahat rata di lantai tanpa beban tambahan pada kaki. Terlalu tinggi dan kaki anda bisa menjuntai dengan bebas. Terlalu rendah dan paha anda tidak akan bersandar rata di kursi.
    Lutut Anda harus ditekuk sekitar 90 derajat. Istirahatkan kedua kaki rata di lantai di bawah lutut.
sumber : 1-hp.com
sumber : dienlanhsapa.com
sumber : chairsfx.com

Berikut Ukuran Tinggi Monitor dan Tinggi Kursi yang Ideal

Untuk mencapai Ergonomis Meja Gaming yang dapat mendukung perfoma dan kinerja dari penggunanya, berikut alat yang bisa digunakan untuk mengukur Antropometri dalam produksinya.

Tinggi Badan Tinggi Kursi Tinggi Meja Tinggi Monitor
150-160 cm 35 – 43 cm 54 – 64.5 cm 104 – 115 cm
161-170 cm 38.5 – 45.5 cm 59.5 – 70 cm 111.5 – 122.5 cm
171-180 cm 41.5 – 44.5 cm 64 – 68.5 cm 119 – 125.5 cm
181-190 cm 45 – 51 cm 69 – 81 cm 126 – 137 cm

Untuk mencapai Ergonomis Meja Gaming tersebut berikut alat yang bisa Digunakan Untuk Mengukur Antropometri dalam Produksinya

1. Kursi Antropometri

Kursi antropometri adalah alat ukur antropometri yang dapat mengukur dimensi tubuh manusia. Pada awalnya, kursi antropometri hanya terbuat dengan berbahan dasar dari kayu. Seiring berjalannya waktu, kursi antropometri sudah berubah menjadi alat ukur antropometri modern yang dapat mengukur secara detail.

Terdapat 3 bagian pengukuran yang dapat dilakukan dengan menggunakan kursi antropometri. Yang pertama yaitu pada posisi berdiri, kedua duduk dan terakhir pada area wajah. Selain itu, kursi antropometri sudah dilengkapi dengan dongkrak elektrik sehingga mampu membantu pengukuran dengan lebih mudah dan efektif.

2. Metrisis – Antropometri Portable

Metrisis – Portable antropometri kit merupakan bentuk terbaru dari alat ukur antropometri. Karena seluruh komponen pengukur antropometri seperti antropometer, sliding caliper, small spreading caliper dan large spreading caliper dapat dibawa kemana saja dengan menggunakan suitcase special.

Selain dapat melakukan pengukuran antropometri di mana saja dengan mudah dan cepat, kalian dapat melakukan pengukuran antropometri hingga lebih dari 100 dimensi tubuh manusia.

Produk produk di atas dapat anda dapatkan dengan mudah

Bagi Anda yang membutuhkan produk sebagai penunjang dan pendukung pekerjaan yang membutuhkan nilai ergonomis dapat menggunakan produk diatas, yaitu Kursi Antropometri dan Metrisis-Antropometri Portable dari Solo Abadi.Anda dapat mengunjungi website www.soloabadi.com atau juga bisa datang langsung ke workshop kami di Solo, Jawa Tengah. Bisa juga mengunjungi media sosial kami di Facebook Solo Abadi, Instagram @soloabadi, dan dapat mengubungi kami melalui WhatsApp. Kami seiap melayani sepenuh hati dan pelayanan terbaik untuk Anda.

Facebook Comments
Bagikan!