Pelajari Penerapan Antropometri dalam Perancangan Mouse Ringan

Seperti yang banyak orang ketahui, mouse adalah salah satu alat komponen penting dalam suatu komputer. Instrumen ini juga digunakan untuk mempermudah penggunaan komputer. Mouse sendiri digunakan untuk menggerakkan kursor dengan cara menggeser, menekan (click) dan menggulirkan roda (scroll) untuk memilih text, ikon, file maupun folder. Karena mouse merupakan suatu alat yang penting dalam pekerjaan yang menggunakan komputer, maka perlu dipertimbangkan beberapa aspek kenyamanan saat memakainya. Namun sebelum itu, mari kita menyimak beberapa posisi dalam memegang mouse sebagai berikut ini.

Website Amazon UK

Jenis-Jenis Penekanan Dalam Memegang Mouse

Perkembangan teknologi membuat beberapa orang mulai terbiasa menggunakan komputer. Semakin terbiasa, beberapa orang pun memiliki ciri khas masing- masing dalam menggunakannya, terkhusus bagaimana posisi memegang mouse. Nah, dari ciri khas memegang mouse ini, kami akan jelaskan beberapa contohnya! Penjelasan terkait beberapa posisi berbeda terhadap penekanan mouse adalah sebagai berikut :

Website 1hp

1. Claw Grip

Claw Grip adalah cara memegang mouse dengan menggunakan tumpuan yang lebih besar pada ujung jari dan sebagian telapak tangan.

2. Fingertip Grip

Fingertip Grip adalah cara memegang mouse dengan menggunakan tumpuan yang lebih besar pada ujung jari saja.

3. Palm Grip

Palm Grip adalah cara memegang mouse dengan menggunakan seluruh bagian telapak tangan (dari ujung jari sampai pangkal telapak tangan mengenai permukaan mouse)

Kemudian dari beberapa contoh cara memegang mouse diatas, kemungkinan tangan terasa nyeri masih bisa terjadi apabila desain dari mouse itu sendiri kurang baik. Oleh sebab itu kita harus tahu nih mengenai ilmu Antropometri agar mengerti desain apa sih yang cocok untuk tangan kita! Namun sebelum itu, mari mempelajari lebih dahulu mengenai apa itu ilmu Antropometri.

Jadi apa itu Antropometri?

Antropometri berasal dari “anthro” yang memiliki arti manusia dan “metri” yang memiliki arti ukuran. Antropometri adalah sebuah studi tentang pengukuran tubuh dimensi manusia dari tulang, otot dan jaringan adiposa atau lemak (Survey, 2009).

Menurut (Nurmianto 1996), antropometri adalah suatu kumpulan data numerik yang berhubungan dengan karakteristik tubuh manusia seperti ukuran, bentuk, dan kekuatan serta penerapan dari data tersebut untuk penanganan masalah desain.

Jadi, dari beberapa pengertian antropometri diatas, disimpulkan bahwa antropometri adalah suatu ilmu yang menjelaskan tentang pengukuran tubuh manusia untuk membantu dalam proses desain agar tercapai titik ergonomis yang sesuai.

Mengapa Merancang Mouse dengan Ilmu Antropometri itu Penting?

Ukuran ergonomis selalu dipertimbangkan dalam membuat suatu produk agar pengguna dapat merasakan kenyamanan saat menggunakannya. Namun ada juga loh keuntungan lain yang dapat dirasakan oleh pengguna produk tersebut, contohnya adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi cedera atau rasa nyeri pada saat digunakan
  2. Efisiensi waktu agar tidak terbuang percuma
  3. Meningkatkan produktifitas baik itu kecepatan, akurasi dan keamanan.

Apa Saja Aspek – Aspek Pedoman Dalam Perancangan Mouse?

Gambar diambil dari jurnal yang ditulis oleh Chien-Hsiou Liu dan Shih-Chen Fan

Berikut ini adalah beberapa bagian yang dapat diukur dalam perancangan Mouse yang menggunakan ilmu Antropometri sebagai acuan pengukuran :

  1. Lebar Jari (LJ)
  2. Lebar Telapak Tangan (LT)
  3. Lebar Telapak Tangan dengan Ibu Jari (LTIJ)
  4. Panjang Tangan (PATA)
  5. Panjang Telapak Tangan (PTT)
  6. Panjang Jari Telunjuk (PJT)

Rekomendasi Alat Yang Bisa Digunakan Untuk Mengukur Antropometri Mouse

1. Kursi Antropometri

Kursi Antropometri merupakan sebuah alat bantu dalam mengukur 34 Dimensi Tubuh Manusia. Fungsi dari kursi Antropometri adalah memudahkan kita melakukan pengukuran dengan tingkat presisi tinggi. Selain itu, pengukuran dapat dibagi menjadi tiga bagian: posisi berdiri, posisi duduk, dan pengukuran area wajah.

2. Metrisis – Antropometri Portable

Portable Antropometri Kit merupakan alat ukur yang digunakan untuk pengukuran tubuh manusia. Fungsi alat ini adalah untuk melakukan pengukuran antropometri yang dilakukan dengan hati-hati dan mengedepankan ketepatan data. Instrumen ini menawarkan kemampuan pengukuran hingga 100 pengukuran. Disamping itu, bentuknya yang portable membuat alat ini dapat digunakan tak terbatas  waktu dan dan dilakukan dimana saja. Pada bagian jari, kita bisa menggunakan pengukuran dengan sliding caliper atau small spreading caliper.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kedua Produk Diatas?

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kedua produk diatas untuk mengukur bagian-bagian dari tubuh, Anda dapat mengunjungi website kami di www.soloabadi.com maupun melalui Whatsapp. Anda juga bisa mengunjungi langsung workshop kami di Jalan Slamet Raya, Tawangsari RT. 01 RW 34, Mojosongo, Jebres, Surakarta. Sampai berjumpa kembali! Kreatif Bekerja Ikhlas Melayani.

Facebook Comments
Bagikan!