Memaksimalkan Jurusan Teknik Industri Di SMK Dengan Alat Antropometri

Dewasa kini, penting bagi dunia Pendidikan untuk mendukung praktik pembelajaran yang lebih maksimal untuk menciptakan iklim Pendidikan yang semakin hebat, khususnya bagi Siswa Menengah Kejuruan (SMK). Sekolah memiliki peran krusial bagi siswa didik, karena SMK menjadi salah satu jenjang pendidikan menengah dengan kekhususan mempersiapkan lulusannya untuk siap bekerja. Untuk itu, anak SMK memang dipersiapkan sedemikian matang khususnya untuk turjun ke dunia kerja atau industri.

Kembali pada bahasan awal, untuk memaksimalkan pembelajaran, maka baiknya, digunakan alat-alat yang sesuai dengan kebutuhan, atau bahkan bisa menunjang pembelajaran dengan baik. Dan tentu saja, alat-alat yang menunjang praktik pembelajaran. Salah satunya, kami mengambil contoh kasus pada SMK Jurusan Teknik Industri di Indonesia.

Mengenal Terlebih Dahulu Jurusan Teknik Industri di SMK

Teknik Industri merupakan salah satu jurusan yang mempunyai andil penting untuk perusahaan manufaktur. Bisa dikatakan juga, bahwa jurusan Teknik Industri cukup menjadi favorit bagi anak SMK. Menurut artikel di website Rencanamu.com, Jurusan Teknik Industri di SMK berfokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi. Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat 28 Jurusan SMK Teknik Industri di Indonesia.

Pentingnya Praktik dalam Jurusan Teknik Industri

Dalam bidang Teknik industri, perancangan menjadi salah satu mata pelajaran pokok yang penting untuk dipelajari. Perancangan yang dilakukan biasanya memiliki tujuan untuk membuat suatu produk atau benda yang ergonomis. Apa itu benda yang ergonomis? Ergonomi merupakan suatu kondisi atau keadaan, ketika suatu barang, lingkungan kerja maupun produk memiliki aspek kenyamanan dan keamanan dalam pembuatanya.

Praktik dalam Jurusan Teknik Industri

Untuk mendukung praktik ini, tentunya, dianalisis terlebih dahulu mengenai ukuran produk yang tepat, agar produk yang dihasilkan bisa dikatakan ergonomis. Dalam hal ini, SOLO ABADI memiliki produk yang tepat untuk memaksimalkan praktik pembelajaran pada jurusan Teknik Industri.

Memaksimalkan Praktik di Teknik Industri dengan Produk Antropometri

Untuk memaksimalkan praktik dalam perancangan produk massal. Kita bisa menggunakan peralatan-peralatan yang mumpuni. Salah satunya dengan menggunakan alat antropometri. Alat antropometri merupakan suatu alat yang digunakan untuk menciptakan aspek ergonomis dalam membuat suatu produk. Dua alat antropometri yang digunakan yaitu :

1. Kursi Antropometri

Kursi antropometri merupakan suatu kursi yang telah popular dalam dunia Teknik Industri. Kursi ini digunakan untuk mengukur antropometri dari tubuh manusia. Kursi Antropometri bisa digunakan untuk 34 dimensi pengukuran manusia.

Kursi ini membantu kita mendapatkan pengukuran antropometri dengan lebih mudah. Saat ini, kursi antropometri telah digunakan oleh lebih dari 40 Universitas di Seluruh Indonesia. Kursi antropometri bisa digunakan pada 3 pengukuran yaitu :

  1. Pengukuran pada posisi duduk
  2. Pengukuran pada posisi berdiri
  3. Pengukuran area wajah

Berikut merupakan detail dari Kursi Antropometri :

2. Portable Antropometri Kit

Portable Antropometri Kit merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur dimensi tubuh manusia. Saat ini, Portable Antropometri Kit bisa digunakan untuk mengukur hingga 100 dimensi pengukuran.

Portable Antropometri Kit merupakan produk antropometri kit satu-satunya yang diproduksi di Indonesia. Alat ini terdiri dari beberapa instrument yaitu Anthropometer, Sliding Caliper dan Small Spreading Caliper. Keunggulan dari Portable Antropometri Kit sendiri adalah :

  1. Alat bisa digunakan dengan mudah.
  2. Pengukuran bisa dilakukan di mana saja.
  3. Terdapat koper penyimpanan ekslusif,
  4. Bahan stainlesss steel yang kokoh dan awet.

Berikut merupakan detail dari Portable Antropometri Kit :

Mengapa Memilih Produk dari SOLO ABADI

Namun, sebelum itu, mengapa memilih produk dari SOLO ABADI? Berikut beberapa alasan mengapa produk kami memiliki kualitas yang pantas untuk memaksimalkan pembelajaran sebagai berikut :

  1. Bisa dibeli melalui Aplikasi SIPLAH Indonesia.
  2. Kualitas alat tidak perlu diragukan.
  3. Memiliki reputasi dengan berbagai customer.
  4. Telah digunakan oleh 40 Universitas diseluruh Indonesia.
  5. After Sales yang baik dari SOLO ABADI.
  6. Telah digunakan oleh jurusan Teknik Industri di Indonesia.

Dapatkan Produk Antropometri untuk SMK

Jika anda tertarik untuk mendapatkan kedua produk di atas. Silahkan mengisi ASK FOR PRICE di website resmi kami. Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada tim kami. Jangan khawatir, setiap konsultasi bisa dilakukan secara gratis dan melalui WhatsApp kami. Atau anda bisa mengisi ASK FOR PRICE untuk KURSI ANTROPOMETRI dan PORTABLE ANTROPOMETRI KIT.

Mari, maksimalkan pembelajaran dengan menggunakan produk-produk yang berkualitas.  

Facebook Comments
Bagikan!