Pemberian Makanan Tambahan pada Balita Mencegah Stunting

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ini sangatlah penting untuk balita usia 6-59 bulan, untuk mencegah terjadinya stunting. Berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) yang di rillis Kementrian Kesehatan bahwa angka stunting di Indonesia berada di 21,7%, masih jauh di target 14% di tahun 2024.

Program Pemberian Makanan Tambahan sangat penting dan perlu di pahami oleh ibu. PMT merupakan suplementasi gizi berupa makanan tambahan dalam bentuk biskuit dengan formulasi khusus dan difortifikasi dengan vitamin dan mineral yang diberikan kepada bayi dan anak balita usia 6-59 bulan dengan kateori kurus. Bagi bayi dan anak berumur 6-24 bulan, makanan tambahan diberikan bersamaan makanan Pendamping Air Susu Ibu ( MP-ASI).

pemberian makanan tambahan pada balita

Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) merupakan upaya untuk meningkatkan status nilai gizi anak dengan mencukupi kebutuhan gizi agar tercapainya status gizi dan gizi yang sesuai dengan anak.

Pemberian Makanan Tambahan

Pemberian makanan tambahan memiliki dua jenis yaitu PMT Penyuluhan dan PMT pemulihan:

  • PMT Penyuluhan adalah makanan tambahan yang diberikan untuk mencegah terjadinya masalah gizi
  • PMT Pemulihan adalah makanan tambahan yang diberikan untuk mengatasi terjadinya msalah gzi, makanan tambahan diberikan 90 hari makan

Para ibu yang baru melakukan MP-ASI pasti sangat bingung utntuk mencukupi gizi kebutuhan si kecil. Ibu tidak perlu khawatir karena makanan yang diberikan untuk memenuhi gizi balita harus mengandung nutrisi esensial seperti protein, zat besi, kalsium, Vitamin A, Vitamin C dan zat gizi lainnya untuk memenuhi kebutuhan gizi balita.

menu makanan tambahan MPASI

Beberapa contoh Pemberian Makanan Tambahan yang dapat membantu mencegah stunting :

  1. Makanan Kaya Protein : Daging , ikan, telur, dan produk-produk susu merupakan sumber protein yang penting untuk pertumbuhan otot dan jaringan.
  2. Sayuran dan Buah-Buahan : Kaya akan vitamin, mineral dan serat yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.
  3. Makanan Sumber Zat Besi : Kacang-kacang, biji-bijian dan daging merah adalah sumber zat besi yang dapat membantu mencegah anemia.
  4. Makanan Sumber Kalsium : Produk susu, keju, dan yoghurt, membantu perkembangan tulang dan gigi yang sehat.
  5. Makanan Kaya Lemak Sehat : Lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan dan minyak zaiatun, penting untuk perkembangan otak.

Penting untuk orantua mengetahui ciri-ciri anak berpotensi mengalami sunting dengan perhatikan indikator berat badan (BB) menurut panjang Badan (PB)/ Tinggi Badan(TB) kurang dari minus 2 standar deviasi yang tidak rawat inap dan tidak rawat jalan.

Program Pemerintah Pemberian Makanan Tambahan dengan upaya untuk menanggulangi masalah stunting dan mengatasi penyebab langsung dan tidak langsung pada balita. Diantara lain Efek stunting jangka pendek meliputi :

Baca juga : Memantau Tumbuh Kembang Anak untuk Mencegah Stunting 
  • Terlambatnya perkembangan
  • Penurunan fungsi kekebalan
  • Penurunan fungsi kognitif
  • Gangguan sistem pembakaran

Alat Pendukung Yang Digunakan Yang Sudah Tersertifikasi TKDN

Untuk mengetahui kondisi balita, bunda dapat membawa si kecil ke Posyandu yang sering diadakan di daerah masing-masing. Alat pendukung untuk mencegah terjadinya stunting antara lain :

  1. Timbangan Digital
  2. Infantometer Board
  3. Pita LILA

Ketiga alat diatas merupakan alat bantu penting untuk mengetahui kondisi balita dalam menanggulangi masalah stunting. Anda bisa mendatkannya di PT Solo Abadi Indnesia, kami merupakan produsen alat kesehatan dalam negeri terbesar di Indonesia yang sudah terpercaya dan sudah direkomendasikan oleh Kementrian Kesehatan. Banyak Rumah Sakit, Puskesmas dan juga Klinik yang sudah membeli produk kami.

Anda juga dapat memesan desain alat kesehatan kepada kami sesuai dengan keperluan dengan mengisi form ask for price dan dapatkan harga terbaik. Kunjungi juga website kami www.Soloabadi.com untuk lebih jelasnya tentang perusahaan kami.

Anda dapat membeli langsung dengan hubungi admin kami melalui WhatsApp. Anda juga dapat membelinya untuk keperluan kelengkapan instansi anda secara langsung melalui E-Catalog, anda dapat melihat detailnya langsung melalui E-Catalog tersebut.

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?