Bulan Imunisasi Anak Nasional 2024, Melayani Apa Saja?

Bulan Imunisasi Anak Nasional 2024 akan kembali dilaksanakan pada Agustus 2024 esok. Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) adalah program pemerintah Indonesia melalui KEMENKES untuk mengejar target cakupan imunisasi yang terus menurun. Lalu, apa saja hal-hal yang wajib disiapkan dalam menggelar BIAN 2024 ? Simak info lengkapnya!

Kapan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Dimulai?

Bulan Imunisasi Anak Nasional

Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) digelar berbeda-beda pada tiap daerahnya. Namun, kebanyakan daerah Kabupaten/Kota melaksanakannya pada tanggal 5 Agustus 2024. Biasanya, BIAN dilakukan pada tiap Posyandu yang berada dibawah pengawasan Puskesmas setempat. Dimana, Puskesmas terdapat di tiap Kecamatan. Sehingga, jika Anda berminat untuk mengikuti BIAN, Anda dapat mendaftarkan anak Anda pada Puskesmas ataupun Posyandu terdekat.

Bulan Imunisasi Anak Nasional adalah kegiatan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela dan pemberian Imunisasi Kejar pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap.  Imunisasi kejar ini dilakukan untuk memberikan imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib pada balita yang terlewat jadwal imunisasinya. Selain itu, BIAN biasanya dibersamai dengan pemberian vitamin A.

Apa Saja Imunisasi yang Dapat Dilayani di Imunisasi Anak Nasional 2024?

Bulan Imunisasi Anak Nasional

Di Indonesia, sekitar 14,5% kematian pada bayi dan 5% kematian pada balita setiap tahunnya disebabkan karena Pneumonia. Pneumonia disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur yang ada di udara. Satu-satunya cara untuk menghindari ini terjadi adalah dengan melakukan Vaksinasi melalui Imunisasi Oleh karena itu, Pemerintah membuka kesempatan untuk seluruh masyarakat mendapatkan vaksin gratis.

Layanan Imunisasi Dasar Lengkap yang GRATIS

Pada program Imunisasi Anak Nasional di Posyandu tahun 2024, beberapa jenis imunisasi yang akan dilayani meliputi:

  1. Imunisasi Dasar:
    • BCG (untuk pencegahan tuberkulosis)
    • Hepatitis B (HB)
    • Polio (OPV dan IPV)
    • DPT-HB-Hib (untuk pencegahan difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, dan Haemophilus influenzae tipe b)
    • Campak dan Rubela (MR)
  2. Imunisasi Lanjutan:
    • DPT-HB-Hib Lanjutan
    • Campak Rubela Lanjutan
  3. Imunisasi Tambahan:
    • HPV (untuk pencegahan kanker serviks, diberikan kepada anak perempuan kelas 5 dan 6 SD)
    • PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine untuk pencegahan infeksi pneumokokus)
    • Rotavirus (untuk pencegahan diare akibat rotavirus)

Program ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan imunisasi dan memastikan semua anak mendapatkan perlindungan dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Kementerian Kesehatan juga menekankan pentingnya kesadaran masyarakat, terutama ibu hamil, akan pentingnya imunisasi dalam mencegah penyakit yang serius pada anak-anak​

Pengukuran Antropometri Berdasarkan Rekomendasi KEMENKES

Bulan Imunisasi Anak Nasional

Selain pemberian imunisasi gratis dan vitamin A, dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di setiap Posyandu, terdapat pengukuran Berat Badan, Tinggi dan Panjang Badan hingga Lingkar Lengan Atas Anak. Pengukuran ini telah direkomendasikan menggunakan alat ukur yang berstandar KEMENKES, yakni ANTROPOMETRI KIT.

Menurut Kemenkes, standar antropometri kit untuk mendeteksi stunting pada anak digunaka sebagai rujukan bagi petugas kesehatan untuk mengidentifikasi anak-anak yang berisiko gagal tumbuh tanpa menunggu sampai anak menderita masalah gizi 

Berikut adalah rekomendasi 4 alat yg wajib ada dalam Antropometri Kit beserta kualifikasinya :

1. Stadiometer Portable

Bulan Imunisasi Anak Nasional

Stadiometer Portable adalah alat ukur tinggi badan yang sesuai dengan Kemenkes. Stadiometer merupakan alat ukur tinggi badan paling lazim digunakan pada pusat kesehatan. Stadiometer Portable merupakan inovasi PT. Solo Abadi Indonesia untuk menghadirkan alat ukur berdesain portable, sehingga seluruh proses pengukuran dapat dengan mudah dan praktis dilakukan dimanapun.

Stadiometer Portable merupakan alat antropometri anak yang telah lolos uji kalibrasi dan bersertifikat Izin Edar Alat Kesehatan Dalam Negeri (AKD) dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Pengukuran Stadiometer Portable juga terbilang sangat mudah dan akurat. Pointer akan otomatis menunjukkan angka tinggi badan.

2. Infantometer Board

Infantometer Board adalah instrumen ukur panjang badan pada bayi dan anak dibawah dua tahun (batuta). Pengukuran panjang pada bayi dan batuta dapat menjadi tolak ukur pencegahan dini pada stunting. Hal ini karena dalam jangka waktu 1000 Hari Pertama Kehidupan berakhir pada usia 2 tahun. Pencegahan stunting dapat segera ditangani pada rentang waktu ini. Salah satunya adalah dengan melakukan pengukuran panjang tubuh bayi dan baduta menggunakan Infantometer Board.

Bulan Imunisasi Anak Nasional

Infantometer Board telah lolos uji kalibrasi dan memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. Selain itu Infantometer Board juga telah bersertifikasi Izin Edar Alat Kesehatan Dalam Negeri (AKD) dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)

Infantometer Board memiliki alas dengan bentuk seperti huruf V yang dapat meningkatkan kenyamanan pada bayi saat diukur panjang badannya. Ratusan Dinas Kesehatan di seluruh Indonesia pun telah menggunakannya.

Bulan Imunisasi Anak Nasional

3. Pita Lingkar Kepala dan Lengan (LiLA)

Bulan Imunisasi Anak Nasional

Alat ukur Lingkar Kepala dan Lengan (LiLA) adalah salah satu alat antropometri kit yang menunjukkan indeks massa tubuh pada anak maupun orang dewasa. Data yang dihasilkan dalam pengukuran LiLA dapat menentukan status Kekurangan Energi Kronis (KEK). Penentuan status ini dapat menjadi indikator awal penentuan status stunting pada bayi dan batuta.

Pita LiLA biasanya menggunakan bahan fiberglass dan mampu mengukur hingga kepanjangan maksimal 150 cm. Untuk mempermudah melakukan pengukuran lingkar lengan atas ataupun kepala, pita LiLA memiliki tombol untuk menggulung pita secara otomatis.

4. Timbangan Badan dan Timbangan Bayi Digital

Bulan Imunisasi Anak Nasional

Timbangan badan digital adalah alat pengukur berat badan yang paling lazim digunakan diseluruh pusat kesehatan hingga tersedia di setiap rumah. Timbangan badan digital sangat mudah ditemukan, namun perlu diperhatikan tingkat presisi dari data yang dihasilkan. Memilih timbangan digital dari instansi terpercaya merupakan salah satu cara untuk mendapatkan data dengan tingkat presisi yang tinggi.

Dapatkan Antropometri Kit Berstandar Kemenkes

PT. SOLO ABADI INDONESIA secara penuh mendukung kebijakan pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Indonesia. Kami menyediakan berbagai Antropometri Kit dengan kualitas dalam negeri yang tidak perlu diragukan lagi.

Hubungi admin kami melalui WhatsApp. Ikuti update di website Solo Abadi, www.soloabadi.com untuk info mengenai Stunting.

Mari bersama-sama wujudkan #IndonesiaBebasStunting2024 dengan #SatuDesaSatuAntropometri

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?