Tabel Tinggi Badan Ideal Perempuan Sesuai Umur Terlengkap!

Tabel tinggi badan ideal untuk perempuan. Seringkali kita membandingkan saat usia remaja tinggi badan perempuan lebih pendek dibandingkan dengan laki-laki. Lalu, berapa tabel tinggi badan ideal wanita yang sesuai umurnya? Simak ulasan dalam artikel berikut!

Baca Juga:  Table Kenaikan Tinggi Badan Bayi Usia 0-2 Tahun, Download Disini! 

Faktor Pengaruh Tinggi Badan

Semakin bertambahnya umur, seseorang mengalami pertumbuhan. Salah satunya adalah tinggi badan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertambahan tinggi badan, khususnya untuk anak perempuan di antaranya:

cara mengukur tinggi badan sesuai umur
Sumber: Pixabay.com

1. Faktor DNA atau Genetik

Faktor penyebab pertama adalah genetik atau DNA. Deoxyribonucleic acid atau disingkat dengan DNA adalah molekul yang membawa genetik dalam perkembangan dan fungsi suatu organisme. DNA merupakan salah satu penentu utama dalam tinggi badan. Hal ini dapat dipengaruhi faktor keturunan dari orang tua. Apabila orang tua memiliki postur tubuh tinggi maka anaknya juga berpengaruh memiliki postur tubuh tinggi. Terdapat rumus yang dapat mengukur postur tinggi anak yang disebut dengan Tinggi Potensi Genetik (TPG). Berikut adalah rumusnya untuk anak perempuan:

TPG untuk anak perempuan: (Tinggi Badan Ayah (cm) – 13 cm) + Tinggi Badan Ibu: 2 +- 8,5 cm

2. Jenis Kelamin

Faktor kedua yaitu jenis kelamin. Perempuan dengan laki-laki memiliki tinggi badan yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh masa pertumbuhan laki-laki lebih lama dibandingkan dengan perempuan. Kenaikan tinggi badan oleh laki-laki dialami ketika sudah menginjak masa pubertas. Sedangkan perempuan kenaikan tinggi badannya akan mereda setelah memulai siklus menstruasi yaitu di usia 12 tahun.

3. Riwayat Kelainan Bawaan

Faktor selanjutnya juga dapat dipengaruhi oleh riwayat kelainan saat lahir. Contohnya pada saat lahir anak mengalami penyakit achondroplasia (dwarfisme) atau disebut dengan penyakit kerdil. Juga dapat dipengaruhi kelainan bawaan seperti sindrom turner, di mana anak mengalami keterlambatan pada masa pubertas.

4. Nutrisi

Faktor berikutnya adalah asupan nutrisi. Nutrisis menjadi faktor penting dalam mempengaruhi tinggi badan. Asupan nutrisi yang bergizi dan seimbang akan dapat memberikan pemenuhan pada pertumbuhan anak. Namun apabila sebaliknya, gizi anak akan mengalami keterlambatan tinggi badan dibandingkan teman sebayanya. Pemberian asupan nutrisi ini sangat penting diberikan pada masa pertumbuhan emasnya yaitu usia setelah lahir.

5. Lingkungan

Lingungan juga berpengaruh pada pertumbuhan tinggi badan anak. Disebutkan dalam jurnal National Library of Medicine bahwa anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang buruk akan cenderung mengalami keterlambatan tinggi badan dibandingkan dengan anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang baik. Lingkungan ini juga dipengaruhi oleh faktor sosial, ekonomi, dan emosional.

6. Aktivitas Fisik

Sering melakukan aktivitas fisik juga dapat mempengaruhi kenaikan tinggi badan. Aktivitas fisik dapat dilakukan dengan olahraga dan latihan fisik. Di mana hal ini dapat membentuk postur tubuh menjadi lebih tinggi. Berikut olahraga yang dapat membantu pertambahan tinggi badan adalah lompat tali, joging, basket, atletik, bulu tangkis, dan renang.

Baca Juga: Cara Menambah Tinggi Badan Hingga 175 cm Untuk Remaja! Ini Caranya.

Tabel Tinggi Badan Ideal Untuk Perempuan

cara mengukur tinggi badan perempuan
Sumber: Pixabay.com

Setelah disebutkan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Berikut tabel lengkap tinggi badan ideal untuk perempuan sesuai usianya berdasarkan World Health Organization (WHO):

UsiaTinggi Ideal
1 Tahun70-78 cm
2 Tahun80-92 cm
3 Tahun82-95 cm
4 Tahun83-96 cm
5 Tahun84-97 cm
6 Tahun> 104,9 cm
7 Tahun> 109,9 cm
8 Tahun> 115 cm
9 Tahun> 120,3 cm
10 Tahun> 125,8 cm
11 Tahun> 131,7 cm
12 Tahun> 137,6 cm
13 Tahun> 141,2 cm
14 Tahun> 145,9 cm
15 Tahun> 147,9 cm
16 Tahun> 148,9 cm
17 Tahun> 149,5 cm
18 Tahun> 149,8 cm

Alat Ukur Tinggi Badan Paling Akurat Untuk Anak Perempuan

Untuk mengetahui pertambahan tinggi badan anak perempuan dapat menggunakan stadiometer atau alat ukur tinggi badan. Berikut alat tinggi badan yang paling direkomendasikan di pasaran adalah dengan Metrisis Analog Stadiometer buatan PT Solo Abadi Indonesia. Alat ini telah digunakan oleh lebih dari 1000 instansi kesehatan dan paling direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan.

tabel tinggi badan anak perempuan

Mengapa harus Metrisis Analog Stadiometer dari Solo Abadi? Sebab alat ini memiliki kelebihan di antaranya:

  • Terbuat dari materail plastik ABS berkualitas.
  • Desain portable dengan sistem pemasangan yang sangat mudah.
  • Skala pembacaan akurat dan mudah dikalibrasi.
  • Dapat menopang 5 titik pengukuran
  • Dilengkapi dengan pembatas kaki dan kepala.
  • Buatan dalam negeri.
  • Tahan banting dan awet.
  • Harga terjangkau.
brosur metrisis analog stadiometer

Metrisis Analog Stadiometer ini dapat dengan mudah Anda dapatkan dengan klik ASK FOR PRICE. Juga bisa dibeli melalui E-Katalog. Ingin tanya tentang alat ini lebih detail dapat menghubungi kami melalui WhatsApp Admin. Selalu dapatkan informasi terbaru dari kami di www.soloabadi.com.

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?