Meja Ginekologi VS Bed Partus, Mana Yang Lebih Baik?

Meja Ginekologi dan Bed Partus atau Meja Partus adalah instrumen yang digunakan oleh Obstetri dan Ginekologi. Meskipun mirip, keduanya memiliki fungsionalitas yang berbeda. Lalu, bagaimana perbedaan antara meja ginekologi dan bed partus? Simak informasi berikut ya!

Mengenal Meja Ginekologi dan Bed Partus

Meja Partus juga disebut sebagai meja verlos. Secara harfiah, Partus menurut KBBI adalah adalah proses fisiologik yang berhubungan dengan pengeluaran fetus dan plasenta melalui saluran reproduksi. Dalam ilmu medis, Meja Partus juga disebut sebagai Partus Table, Bed Partus Verlos hingga Meja Bidan.

Sekilas, Meja Partus terlihat memiliki kesamaan dengan Meja Ginekologi. Keduanya sama-sama digunakan di Poli Kesehatan Ibu dan Anak. Namun, memiliki fitur yang cukup berbeda. Penggunaan Meja Partus ini berfungsi untuk mendukung proses persalinan aman bagi ibu hamil di lingkungan fasilitas kesehatan.

Sedangkan, Meja Ginekologi adalah meja atau tempat tidur yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan obstetrik dan ginekologi atau pemeriksaan kehamilan, pemasangan alat kontrasepsi, pemeriksaan IVA atau pemeriksaan lain yang berhubungan dengan obgyn.

Apa Fungsi Meja Ginekologi dan Bed Partus?

Bed Partus adalah furniture rumah sakit yang memiliki fungsi utama untuk mendukung proses persalinan bagi ibu hamil. Namun, terdapat beberapa pelayanan lain yang berhubungan dengan proses persalinan yang dapat memanfaatkan Bed Partus, yakni :

  • Persalinan Normal
  • Persalinan dengan Intervensi Medis, karena bed partus seringkali dilengkapi dengan tiang infus sehingga dapat memudahkan pemberian obat-obatan intravena.
  • Post C-Section atau Persalinan Caesar, setelah tindakan medis persalinan caesar biasanya Ibu akan dirawat pada meja partus
  • Perawatan Pasca Persalinan.

Sedangkan, Meja Ginekologi berfungsi untuk seluruh pelayanan medis yang berhubungan dengan area reproduksi wanita, seperti :

  • Pap Smear (Pemeriksaan untuk mendeteksi kanker serviks)
  • Kolposkopi
  • Biopsi
  • Histeroskopi
  • Pemasangan Alat Kontrasepsi
  • Pemeriksaan kondisi kehamilan
  • Persalinan

Apa Perbedaan Meja Ginekologi dan Bed Partus?

Meskipun, keduanya sama-sama dapat digunakan dalam berbagai pelayanan yang berhubungan dengan area reproduksi wanita. Keduanya, memiliki fitur yang berbeda.

Perbedaan Letak Peyangga Kaki dan Wadah

Perbedaan paling mencolok diantara meja ginekologi dan bed partus adalah pada letak penyangga kaki dan wadah. Peyangga kaki biasanya kita sebut sebagai Stirrup. Peyangga kaki bagi kedua meja ini memiliki fungsi masing-masing.

meja ginekologi

Bed Partus memiliki penyangga kaki dan tempat untuk menaruh wadah cairan ditengah ranjang. Sedangkan Meja Ginekologi memiliki penyangga kaki dan tempat untuk menaruh wadah cairan berada pada ujung ranjang,

Pada Bed Partus, fungsi penyangga kaki dan tempat untuk menaruh wadah di tengah ranjang adalah untuk memfasilitasi fleksibilitas posisi dan akses optimal selama persalinan. Selain itu, penyangga di tengah juga membantu mendistribusikan berat badan merata.

Sedangkan, pada Meja Ginekologi, fungsi peyangga kaki dan tempat untuk menaruh wadah di ujung ranjang memungkinkan dokter memiliki visibilitas yang lebih baik dan akses langsung ke area yang akan diperiksa, terutama pada bagian pinggul.

Mana yang Lebih Baik Antara Meja Ginekologi dan Bed Partus?

Meja Ginekologi dan Bed Partus sama-sama dapat melakukan pelayanan medis yang berkaitan dengan reproduksi dan persalinan. Meskipun begitu, terdapat hal-hal yang dapat menjadi preferensi yang berkaitan dengan fungsionalitas dan kenyamanan pasien. Oleh karena itu, dalam Poli Kesehatan Ibu dan Anak baiknya menggunakan Meja Ginekologi. Sedangkan dalam Obstetrik, ada baiknya Anda menggunakan Bed Partus yang lebih fungsionalitas.

Dapatkan Meja Ginekologi Sesuai Dengan Standar KEMENKES

meja ginekologi

Untuk memaksimalkan pemeriksaan KIA dan KB, Puskesmas perlu memenuhi kebutuhan set pemeriksaan KIA dan KB. PT. SOLO ABADI INDONESIA secara penuh mendukung kebijakan pemerintah untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak serta stunting di Indonesia.

Kami telah dipercaya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI) untuk mengirimkan ribuan paket ke lebih dari 1000 Posyandu di Indonesia. Kami menyediakan seluruh instrumen set Pemeriksaan KIA dan KB terlengkap di Indonesia dengan standarisasi KEMENKES dan dapat anda akses di E-KATALOG!

Hubungi admin kami melalui WhatsApp. Ikuti update di website Solo Abadi, www.soloabadi.com untuk info mengenai Stunting.

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?