Hindari KEK pada Ibu Hamil! Simak Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Lingkar Lengan Atas

KEK atau Kurang Energi Kronis menjadi satu kasus yang paling disorot dalam agenda percepatan penurunan prevalensi stunting di Indonesia. Pasalnya KEK yang melanda ibu-ibu hamil di Indonesia dapat menyebabkan anak dalam kandungan kekurangan asupan gizi, yang dapat bermuara menjadi kondisi stunting. Kondisi KEK sendiri dapat dipantau melalui ukuran Lingkar Lengan Atas atau LILA dari ibu hamil. Terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi ukuran dari Lingkar Lengan Atas pada ibu hamil. Artikel ini akan merangkum faktor-faktor yang mempengaruhi Lingkar Lengan Atas sebagai indikator Kurang Energi Kronis atau KEK.

Pengukuran LILA untuk Deteksi Dini Stunting

Dikarenakan stunting merupakan agenda prioritas nasional, saat ini kader-kader Posyandu dan juga petugas Puskesmas sedang gencar menjalankan deteksi indikasi stunting sejak dalam kandungan. Pendeteksian dapat dilakukan dengan memantau kondisi janin menggunakan USG atau melalui antropometri ibu hamil, dalam hal ini adalah Lingkar Lengan Atas (LILA).

Pengukuran Lingkar Lengan Atas atau LILA pada ibu hamil menjadi satu cara mudah untuk mendeteksi risiko KEK. Adapun terdapat cara khusus untuk mengukur LILA pada ibu hamil, yakni dengan mengukur pada bagian midpoint Lingkar Lengan Atas subjek. Apabila hasil pengukuran kurang dari 23,5 cm maka ibu hamil dapat dikategorikan sebagai subjek yang berisiko KEK. Namun sebaliknya, bila ukuran Lingkar Lengan Atas subjek adalah sama dengan atau lebih dari 23,5 cm maka tidak berisiko KEK.

Tiga Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Lingkar Lengan Atas

Kemudian akan muncul pertanyaan, sebenarnya apa saja yang mempengaruhi Lingkar Lengan Atas ibu hamil? Dicatut dari Repository Poltekkes Denpasar, berikut adalah tiga faktor yang mempengaruhi Lingkar Lengan Atas atau LILA bagi ibu hamil :

1. Usia Ibu

Disebutkan oleh Baliwati (2004) bahwa usia adalah salah satu faktor krusial dalam proses kehamilan dan juga persalinan. Jika ibu berusia terlalu muda maka nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh ibu dapat menjadi ‘rebutan’ antara janin dengan ibu yang masih dalam masa pertumbuhan.

faktor lingkar lengan atas

Karenanya ibu yang belum mencukupi usia, dapat berisiko mengalami KEK 3,7 kali lipat lebih besar dari ibu yang dengan usia lebih tua.

2. Paritas

faktor lingkar lengan atas

Paritas atau yang berarti jumlah anak yang telah dilahirkan oleh ibu, menjadi aspek yang juga mempengaruhi Lingkar Lengan Atas dan kemungkinan KEK. Ibu yang memiliki paritas terlalu sering atau banyak maka akan memiliki status gizi yang kurang. Pasalnya cadangan gizi yang ada di dalam tubuh ibu sudah terkuras. Sementara menurut (Surasih, H., 2005) paritas paling baik adalah dua kali.

3. Jarak Kelahiran

Ibu juga perlu memperhatikan jarak kelahiran dari anak sebelumnya, karena jarak kelahiran yang terlalu dekat atau kurang dari dua tahun akan menyebabkan status gizi ibu hamil kurang. Lantaran ibu tidak berkesempatan untuk memulihkan keadaaan gizinya seperti semula.

faktor lingkar lengan atas

Setelah ketiga faktor di atas sudah diperhatikan, ibu hamil tetap perlu memantau ukuran Lingkar Lengan Atas (LILA) secara berkala. Agar apabila terdeteksi kondisi KEK pada ibu hamil, dapat segera dilakukan intervensi. sehingga indikasi stunting dapat dicegah sejak awal. Dalam melakukan pengukuran LILA diperlukan juga alat ukur yang akurat dan presisi, berikut adalah rekomendasi alat ukur LILA terbaik.

Alat Ukur Pita Lingkar Lengan Atas dan Kepala (LILA) Terbaik

Metrisis – Body Measuring Tape atau Pita LILA merupakan alat ukur Lingkar Lengan Atas dan Kepala (LILA) produksi PT Solo Abadi Indonesia untuk Balita dan ibu hamil dengan desain yang telah disesuaikan dengan bentuk jari pengukur, sehingga tidak mudah lepas saat dilangsungkan pengukuran. Disertai dengan stop button yang memungkinkan pita merapat pada kulit dengan sempurna. Skala maksimal dari pita ini mencapai 150 cm sehingga dapat digunakan untuk mengukur bayi dan juga ibu.

Kontak Kami Untuk Mendapatkan Produk Antropometri

Dapatkan dan pesan alat ukur antropometri dengan harga terbaik dari Solo Abadi dengan mengisi ask for price yang tersedia. Anda juga dapat terhubung secara langsung melalui WhatsApp, kami siap untuk menghubungi anda segera.

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?