Membandingkan Fungsi dan Kegunaan dari Antropometri Kit dan Kursi Antropometri

Apabila anda merupakan salah satu pembaca setia informasi mengenai antropometri yang kami berikan. Tentu saja, anda telah memahami bahwa kami seringkali membagikan informasi yang berhubungan dengan dua intrumen yang kami jual yaitu Portable Antropometri Kit dan Kursi Antropometri. Seringkali banyak dari pembaca mungkin masih memerlukan informasi lebih luas mengenai perbedaan dari kedua alat ini.

Meskipun kedua alat ini memiliki fungsi yang sama yaitu mengukur dimensi tubuh manusia atau antropometri tubuh manusia, namun terdapat beberapa perbedaan-perbedaan bentuk, material fungsi hingga kegunaan pada dua alat ini. Pada artikel ini, kami akan memaparkan lebih lanjut mengenai beberapa perbedaan yang ada. Namun sebelum itu, kita dapat mengetahui terlebih dahulu mengenai dua alat ukur ini.

1. Kursi Antropometri

Kursi antropometri merupakan alat ukur antropometri yang digunakan untuk mengukur dimensi tubuh manusia. Kursi antropometri merupakan alat rekayasa yang kami desain secara detail agar mampu mengukur dimensi tubuh manusia dengan lebih simple dan mudah. Alat ini dapat digunakan untuk mengukur 34 pengukuran tubuh manusia.

Selain itu, kursi antropometri dapat melakukan pengukuran pada posisi berdiri, duduk dan sebagian area wajah. Pada pengukuran menggunakan kursi antropometri biasanya dibutuhkan dua user dan satu model yang akan diukur. Kursi antropometri juga dilengkapi dengan dongkrak elektrik yang mampu membantu pengukuran lebih mudah dan efektif.

Antropometri Pengaplikasian Ilmu Ergonomi dalam metode pengukuran
Kursi Antropometri
Pengukuran Menggunakan Kursi Antropometri

2. Metrisis Portable Antropometri Kit

Portable antropometri kit merupakan produk terbaru dari Solo Abadi. Intrumen ini sendiri terinspirasi dari Antropometri yang ditemukan oleh Rudolf Martin. Seseorang ilmuwan yang bekerja dalam bidang antropologi. Alat ini sendiri dibagi kedalam beberapa bagian lagi yaitu antropometer, sliding caliper, small spreading dan large spreading caliper. Terdapat pula complete set series yang dapat digunakan untuk mengukur lebih dari 100 dimensi tubuh manusia. Intrumen ini dapat melakukan pengukuran pada posisi berdiri, duduk dan pada area kepala maupun wajah. Pada pengukuran ini biasanya dibutuhkan satu user dan satu model yang akan diukur.

Metrisis Portable Antropometri
Pengukuran Menggunakan Portable Antropometri Kit

Adapun setelah mengetahui mengenai klasifikasi dari masing-masing produk. Pada bahasan di bawah ini, kami akan menjelaskan mengenai perbedaan dari kedua produk ini sebagai berikut:

1. Perbedaan Bentuk Instrumen

Perbedaan pertama adalah bentuk dari dua instrumen ini. Kursi antropometri merupakan instrumen yang berbentuk kursi dan dilengkapi dongkrak elektrik untuk membantu melakukan pengukuran. Selain itu, kursi ini dirancang untuk melakukan pengukuran berdiri, area wajah dan posisi duduk. Pada posisi duduk, pengukuran antropometri bisa dilakukan dengan lebih nyaman menggunakan kursi antropometri. Untuk berat dari intrumen ini sendiri mencapai 30 kg, sehingga baiknya kursi antropometri digunakan pada satu tempat yang luas. Sehingga sebaiknya pengukuran hanya dapat dilakukan pada satu tempat saja.

Berbeda dengan kursi antropometri, portable antropometri kit hanya terdiri dari beberapa intrumen yang tergabung dalam satu kotak. Untuk penggunaan dari masing-masing alat, pada alat antropometer terdiri dari balok yang dapat digabungkan menjadi satu sesesuai kebutuhan pengukuran. Sedangkan pada sliding caliper dan spreading caliper dapat langsung digunakan. Selain itu, untuk mengukur dimensi tubuh pada posisi duduk, harus digunakan sebuah kursi untuk membantu pengukuran. Untuk berat dari intrumen ini hanya seberat 4,8 kg. Selain itu, bentuknya yang simple dan beratnya yang ringan dapat memungkinkan pengukuran ini dilakukan di mana saja.

2. Perbedaan Material Instrumen

Pada kursi antropometri, material yang digunakan dalam membuat kursi antropometri sendiri adalah kombinasi baja, stainless steel dan aluminium. Ketiga bahan ini menjadi bahan dasar dari pembuatan antropometri. Kualitas bahan yang digunakanpun telah disesuaikan dengan kebutuhan dasar pembuatan kursi antropometri seperti ketahanan, keamanan dan kualitas produk. Sehingga, apabila anda memiliki kursi antropometri, maka kualitas tersebut dapat bertahan lama.

Untuk portable antropometri, kami menggunakan material stainless steel pada semua produk yang kami produksi. Hal ini kami lakukan agar produk yang diproduksi tetap akan awet dan tahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kami juga memastikan bahwa pada antropometri kit tersebut, setiap produk terjangkau keamanan dan ketahanannya.

3. Fungsi Instrumen

Dua intrumen ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengukur dimensi tubuh manusia, atau yang kita kenal dengan antropometri tubuh manusia. Namun tentunya terdapat perbedaan-perbedaan antara dua intrumen ini. Pada kursi antropometri, alat ini dapat digunakan untuk mengukur 34 dimensi tubuh manusia meliputi pengukuran pada posisi duduk, berdiri dan area wajah. 34 dimensi tubuh manusia ini telah sesuai dengan standar pengukuran antropometri yang ada dan dibutuhkan.

Instrumen portable antropometri sendiri dapat digunakan untuk mengukur lebih dari 100 dimensi tubuh manusia. Hal ini bisa terjadi karena portable antropometri tidak hanya terdiri dari satu alat ukur, namun tiga alat ukur sekaligus dalam satu complete set series. Bahkan dengan menggunakan antropometer saja, lebih dari 50 pengukuran dapat dilakukan. Selain itu, pengukuran yang dilakukan meliputi posisi duduk, berdiri dan area wajah.

4. Kegunaan Instrumen

Kegunaan dari masing-masing instrumen ini sendiri berbeda terutama karena penerapan dari dua alat ini yang berbeda. Kursi antropometri digunakan dalam bidang desain produk dan Teknik industry. Kegunaan kursi antropometri dalam bidang desain produk adalah untuk pembuatan produk massal.  Hal ini berhubungan dengan ergonomi produk yang akan dihasilkan. Dengan menggunakan analisis dari data pengukuran antropometri melalui kursi antropometri akan memudahkan kita untuk mengetahui cara menghasilkan produk ergonomi. Salah satu produk yang biasanya dibuat berdasarkan data yang ada pada kursi antropometri sendiri adalah produksi bermacam kursi seperti kursi duduk, kursi kantor atau kursi pabrik yang digunakan oleh banyak pihak.

Untuk portable antropometri kit sendiri, instrument ini digunakan lebih banyak pada bidang kesehatan, antropologi, forensik dan desain produk. Namun, saat ini, portable antropometri juga dapat digunakan dalam pengukuran Teknik industri sesuai dengan kebutuhan data yang hendak didapatkan. Pada bidang kesehatan misalnya, portable antropometri digunakan untuk mengetahui mengenai status gizi atau pertumbuhan suatu kelompok maupun individu. Pengukuran yang dilakukan tersebut dilakukan dengan lebih teliti dan lebih rinci dengan misalnya mengukur area dimensi kepala, bagian tubuh yang berbentuk melengkung dan bagian tubuh yang tidak dapat diukur hanya dengan menggunakan kursi antropometri.

Nah, hal di atas merupakan sebuah penjelasan terkait dengan perbandingan dari dua instrument antropometri modern yang saat ini kami produksi. Demikian pentingnya alat ini untuk digunakan dalam pengukuran antropometri dimensi tubuh manusia. Inilah perbedaan kegunaan dari masing-masing alat antropometri tersebut. Apabila anda merasa satu diantaranya bisa memenuhi kebutuhan pada Laboratorium Ergonomi anda, maka jangan ragu untuk memilih Kursi Antropometri maupun Metrisis Portable Antropometri dalam hal ini. Apabila anda ingin mengetahui mengenai dua produk kami lebih jauh, silahkan untuk melihat artikel kami lainnya.

Bila terdapat pertanyaan lain yang perlu diketahui, silahkan hubungi kami melalui nomor yang tertera maupun whatssap.

Facebook Comments
Bagikan!

Tinggalkan komentar