Kursi Antropometri TKDN, Spesifikasi, Harga dan Keunggulannya!

Kursi Antropometri TKDN atau dengan Sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri ialah suatu alat wajib di Lab. Ergonomi dan Sistem Kerja. Tenaga pengajar biasanya melakukan impor untuk mendapatkan alat ini. Namun, PT Solo Abadi Indonesia memproduksi Kursi Antropometri TKDN atau Kursi Antropometri produksi dalam negeri. Yuk simak seperti apa Kursi Antropometri TKDN yang biasa digunakan, Spesifikasi dan Harganya!

Apa Itu Kursi Antropometri TKDN?

Kursi Antropometri TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri berarti alat ukur antropometri yang diproduksi oleh anak bangsa. TKDN sendiri merupakan sertifikat yang dirilis oleh Kementerian Perindustrian sebagai bukti bahwa suatu produk benar-benar dibuat dengan material, oleh tenaga kerja dan diproduksi di Indonesia. Sertifikat TKDN ini juga telah menjadi syarat berbagai pengadaan. Tujuannya, bukan lain untuk meningkatkan penyerapan produk dalam negeri serta menjaga perputaran uang dalam negeri.

Kursi Antropometri sendiri adalah alat ukur antropometri atau dimensi tubuh manusia. Antropometri adalah studi mengenai dimensi tubuh manusia. Output dari studi ini adalah banyaknya data manusia yang bervariasi berdasarkan jenis kelamin, usia dan ras. Mengingat, setiap Ras memiliki ukuran tubuh yang berbeda. Sehingga, Antropometri berperan untuk menentukan titik tengah dan rerata dari kumpulan data antropometri.

Spesifikasi Kursi Antropometri TKDN

Kursi Antropometri TKDN diproduksi langsung oleh Produsen Alat Ukur Antropometri terbesar di Indonesia, PT Solo Abadi Indonesia. Solo Abadi adalah spesialis alat ukur Antropometri baik untuk pengukuran produk ergonomis ataupun untuk penilaian status gizi atau yang kita kenal dengan sebutan Antropometri KIT.

Kursi Antropometri adalah alat ukur Antropometri yang diciptakan untuk mengukur dimesi tubuh manusia, khususnya dalam posisi duduk. Alat ini banyak digunakan di berbagai keilmuan. Mulai dari Teknik Industri, Desain Produk, Industri Pesawat Terbang hingga Militer.

Jelas, bahwa fungsi Kursi Antropometri adalah menciptakan kesesuaian seluruh alat yang digunakan manusia dengan kemampuan tubuh manusia. Hal ini dilakukan untuk menghindari fatigue atau kelelahan akibat kerja. Sebagai contoh, di bidang industri pesawat terbang. Pilot memerlukan cockpit yg mendukung aksesibilitasnya dan kursi yang nyaman. Karena, pilot akan terbang berjam-jam dan membawa ratusan nyawa dalam pesawat.

Oleh karena itu, fungsi dari tiap bagian kursi Antropometri penting untuk dipahami.

Kursi Antropometri TKDN

Data Teknis Kursi Antropometri

Dimensi Kursi Antropometri secara keseluruhan adalah :

  • P x L x T : 200 x 2300 x 2400 (mm)
  • Berat : 30 Kg
  • Sumber Daya : 220V AC, 50Hz
  • Penggunaan Daya : 0,02 KW
Baca Juga :  Kursi Antropometri Untuk Pemula, Pahami Fungsi Tiap Bagiannya!

34 Data Antropometri yang Dapat Dihasilkan Kursi Antropometri

Posisi BerdiriPosisi DudukArea Wajah
Tinggi TubuhTinggi Popliteal DudukPanjang Kepala
Tinggi Mata BadanLebar KepalaTinggi Kepala
Tinggi BahuLebar Bahu AtasTinggi Dagu Mata
Tinggi SikuLebar Bahu DudukLebar Mata ke Mata
Tinggi Ujung JariPanjang Genggam Tangan
Tinggi Tulang RuasTinggi Genggam ke Alas Duduk
Tinggi Genggam TanganTinggi Duduk Tegak
Tinggi Jangkauan TanganTinggi Mata Duduk
Tinggi Pergelangan TanganTinggi Siku Duduk
Tinggi Jangkauan TanganPanjang Bahu ke Siku
Tinggi PinggangTebal Paha Duduk
Tinggi Pinggul BerdiriPanjang Lengan Bawah Duduk
Panjang Siku ke Pergelangan TanganPanjang Paha Duduk

Keunggulan Kursi Antropometri Milik PT Solo Abadi Indonesia

Saat ini, Kursi Antropometri telah digunakan oleh lebih dari 90 institusi baik di dalam dan di luar negeri. Selain karena akurasi yang telah disesuaikan diverifikasi oleh Lembaga Kalibrasi Nasional (KAN). Kursi Antropometri juga didesain khusus untuk penelitian ergonomi dan antropometri yang mumpuni. Berikut adalah beberapa keunggulan Kursi Antropometri :

  1. Prosedur yang sederhana serta aman digunakan.
  2. Tidak membutuhkan tenaga ahli, hanya perlu detail dalam mengamati.
  3. Tahan lama dalam penggunaan.
  4. Menggunakan metode yang tepat dan mudah dipahami.
  5. Sistem perakitan yang knock down sehingga bisa disimpan secara ringkas dan rapi.
  6. Sistem menaikkan dan menurunkan alas duduk yang sudah menggunakan hidrolik.

Saat ini, Kursi Antropometri milik PT Solo Abadi Indonesia telah dalam proses pengeluaran sertifikat TKDN. Namun, seluruh proses produksi dan material Kursi Antropometri menggunakan sumber daya terbaik milik Indonesia.

Harga Kursi Antropometri TKDN, Dapatkan Penawaran Terbaik

Alat ukur Antropometri yang telah berstandar dan terkalibrasi dapat ditemukan di Antropometri Portable Complete Set Series dan Kursi Antropometri. Instrumen ini dapat melakukan pengukuran hingga lebih dari 100 dimensi pengukuran tubuh. Data antropometri tersebut dapat dengan mudah diaplikasikan dalam berbagai keilmuan.

Antropometri Portable Complete Set Series dan Kursi Antropometri telah digunakan oleh berbagai institusi baik dari dalam maupun luar negeri dalam berbagai bidang  seperti pendidikan, institusi pemerintahan, kemiliteran, arsitektur hingga forensik.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi email kami di admin@soloabadi.com atau melalui WhatsApp di 08510888111

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?