Mengenal Mesin Porporasi di Dunia Industri

Mesin porporasi di dunia industri memiliki peran yang cukup penting, artikel ini akan mengulas peran dan cara kerja mesin porporasi dan industri-industri yang menggunakan.

Dalam berbagai industri, khususnya pada industri percetakan tentunya tidak asing dengan yang namanya porporasi. Porporasi sering kali kita dapati berada pada sebuah nota, kwitansi, ataupun karci. Porporasi sendiri memiliki biasanya memiliki bentuk garis-garis putus ataupun berlubang-lubang. 

Diluar sana banyak sekali metode atau teknik membuat porporasi, dimulai dari cara manual, hingga dengan menggunakan mesin porporasi. Dengan menggunakan mesin porporasi ini, kita dapat meningkatkan kapasitas produksi dibandingkan dengan metode yang masih manual.

mesin porporasi
source: maxipro
Baca Juga:  Apa Itu Porporasi? Ini Penjelasan dan Fungsinya! 

Apa Itu Mesin Porporasi

Mesin porporasi adalah alat yang digunakan untuk membuat serangkaian lubang kecil atau garis perforasi pada berbagai jenis material, seperti pada kertas, karton, plastik atau bahan lainnya. Adanya perforasi ini bertujuan untuk memudahkan pelipatan ataupun pemotongan kertas dengan mudah tanpa perlu menggunakan alat potong lagi nantinya.

Aplikasi Mesin Porporasi di Berbagai Macam Industri

Penggunaan mesin porporasi sangatlah luas di dunia industri, terutama karena kemampuannya untuk membuat lubang-lubang kecil atau garis porporasi di berbagai macam material. Berikut ini adalah industri yang seringkali menggunakan mesin porporasi.

1. Industri Percetakan

Mesin porporasi sering kali dapat dijumpai pada industri percetakan. Mesin ini sering digunakan untuk pembuatan porporasi yang ada pada tiket, kupon, dan voucher sehingga dapat lebih mudah untuk dipisahkan oleh penggunanya. Selain itu mesin porporasi juga dapat digunakan pada pembuatan formulir atau dokumen, mesin porporasi digunakan untuk membuat garis putus-putus yang memudahkan untuk pemisahan dokumen.

2. Industri Pengemasan

Porporasi juga sering banyak digunakan pada kemasan makanan dan minuman untuk memudahkan pembukaan seperti pada bungkus permen, snack ataupun botol minuman. 

3. Industri Kertas 

Porporasi digunakan pada notepad atau buku catatan agar halaman bisa disobek dengan mudah dan juga rapi.

mesin porporasi

Prinsip Kerja Mesin Porporasi

Prinsip kerja dari mesin porporasi yang berfokus pada proses pembuatan lubang kecil atau garis porporasi yang ada pada material seperti kertas, karton, plastik atau bahan lainnya. Prinsip kerja dari mesin porporasi dimulai dari pisau atau roda yang memiliki gigi-gigi kecil. Gigi-gigi yang digunakan untuk menekan dan memotong material dapat menciptakan serangkaian lubang lubang atau garis porporasi pada permukaan kertas. 

Mesin ini menggunakan motor listrik atau mekanisme manual untuk menggerakan pisau atau roda porporasi di sepanjang material. Sistem penggerak ini memastikan pergerakan yang konsisten dan presisi. Material yang akan diproses ditempatkan di atas meja kerja yang stabil. Lalu material ditahan pada tempatnya, sehingga dapat diproses dengan tepat.

Baca Juga:  Terbaru! Ini Gambar Pita Cukai Rokok 2024, Jangan Sampai Salah 

Rekomendasi Mesin Porporasi Pita Cukai Rokok untuk Tingkatkan Kuantitas Produksi

Light Porporator produksi PT Solo Abadi Indonesia dapat menjadi jawaban atas keresahan pelaku usaha terkait efisiensi waktu produksi. Mesin ini dirancang khusus untuk mempercepat proses porporasi pita cukai rokok, sehingga kuantitas produksi dapat meningkat.

Hubungi admin kami untuk penawaran lebih lanjut melalui WhatsApp. Kunjungi website kami untuk variasi produk lebih beragam di www.soloabadi.com.

Ditulis oleh: Pradhita Novwantama S. (Perancangan Manufaktur – Politeknik ATMI Surakarta)

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?