Mengenal Fungsi Kode G90 Dalam CNC: Siklus Pembubutan Memanjang

Dalam dunia manufaktur yang semakin maju, mesin CNC atau bisa disebut Computer Numerical Control telah menjadi salah satu teknologi yang sangatlah penting yang memungkinkan pembuatan sebuah komponen dengan tingkat presisi yang sangat tinggi. Salah satu operasi dasar yang ada pada proses mesin CNC adalah pembubutan memanjang. Kali ini kita akan membahas apa peranan pada kode G90 dalam mesin CNC dalam proses pembubutan memanjang.

Baca Juga: Kode M, G dan S Dalam Mesin CNC? Begini Penjelasan Lengkapnya!

Apa itu Kode G90?

G90 adalah kode yang digunakan dalam pemrograman untuk proses pembubutan dalam arah memanjang, baik pembubutan secara lurus maupun pembubutan secara tirus, perintah ini juga digunakan untuk menentukan mode koordinat absolut pada mesin CNC. Dalam mode ini, semua gerakan alat potong dihitung berdasarkan titik referensi tetap, biasanya titik nol mesin atau titik nol pada benda kerja.

Penggunaan Kode G90 dalam Pembubutan Memanjang

Pembubutan memanjang adalah proses di mana alat potong bergerak secara linear sepanjang sumbu, untuk memotong material dan membentuk diameter yang diinginkan. Dalam proses ini kode G90 bertugas untuk memastikan bahwa posisi akhir dari alat potong, seperti titik awal dan akhir proses pemotongan. 

Dengan demikian, kode G90 sangatlah berguna dalam siklus pembubutan memanjang, terutama ketika presisi dan konsistensi adalah hal yang sangat penting dalam sebuah produksi komponen secara massal.

Fungsi Penggunaan Kode G90 Dalam CNC Machining

Penggunaan kode G90 dalam CNC memberikan banyak berbagai fungsi dalam mengatur pergerakan sumbu mesin. G90 sendiri adalah sebuah bahasa perintah dalam G-code yang mengatur pergerakan sumbu dengan mode absolut. Berikut ini adalah fungsi menggunakan kode G90 dalam proses machining mesin CNC.

1. Akurasi Tinggi

Salah satu manfaat dari penggunaan kode G90 adalah ketetapan absolut , di mana semua posisi alat dihitung dari titik refrensi tetap. Ini memungkinkan kontrol yang sangat presisi atas posisi alat potong, memastikan bahwa setiap pergerakan alat dapat sesuai dengan desain yang diinginkan.

2. Kemudahan Pemrograman

Dengan menggunakan mode absolut, programmer hanya perlu untuk menentukan titik target akhir dari setiap gerakan alat. Hal ini dapat membuat proses pemrograman menjadi lebih efisien dan juga mudah. 

3. Pengurangan Kesalahan Operasional

Dikarenakan kode G90 bekerja berdasarkan koordinat absolut, risiko kesalahan yang disebabkan oleh perhitungan posisi relatif akan berkurang. Hal ini dapat mengurangi terjadinya kesalahan yang dapat menyebabkan cacat pada benda kerja dan juga kerusakan alat.

4. Konsistensi

Dalam produksi massal, konsistensi sangat penting untuk memastikan bahwa setiap komponen yang dihasilkan memiliki kesamaan bentuk dan juga kualitas sesuai dengan desain awal. Penggunaan G90 dapat memungkinkan operator untuk mencapai konsistensi dalam sebuah produksi massal.

Baca Juga: Peran Mesin CNC Dalam Industri Manufaktur Alat Kesehatan! Ada Apa Saja Ya?

Ditulis oleh: Pradhita Novwantama S. (Perancangan Manufaktur – Politeknik ATMI Surakarta)

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?