15 Menu PMT Ibu Hamil, Dorong Peningkatan Gizi Ibu dan Janin

Menu PMT ibu hamil sangat memberikan inspirasi untuk hidangan di setiap harinya yang tetap memberikan sumber gizi yang cukup. PMT singkatan dari Pemberian Makanan Tambahan, merupakan kegiatan pemberian makanan kepada balita dalam bentuk kudapan yang aman dan bermutu beserta kegiatan pendukung lainnya dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan.

Program PMT ini diselenggarakan oleh pemerintah untuk mencukupi gizi balita yang kurang dan ibu hamil KEK. PMT pada ibu hamil bertujuan untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu selama masa kehamilan mencegah terjadinya gizi ibu hamil risiko KEK.

Pada ibu hamil dengan kondisi KEK dapat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan janin serta dapat menyebabkan keguguran, Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), kematian neonatal, anemia pada bayi dan asfiksia intra partum.

Menu PMT Ibu Hamil

Prinsip PMT adalah memberikan makanan padat gizi berupa makanan selingan yang mengonsumsiannya di antara dua makanan utama. Untuk itu diperlukan kebijakan kesehatan masyarakat yang menjamin ketersediaan pangan yang bergizi pada ibu hamil, meningkatkan pengetahuan ibu hamil sehingga dapat menyediakan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizinya.

Menu PMT Ibu Hamil

Makanan tambahan ibu hamil mengandung energi 270 kkal, 6 gram protein, minimum 12 gram lemak. Bikin PMT Repot ? Nggak Juga. Hanya sebulan sekali, banyak menu sehat sederhana Asli Indonesia, dan sesuaikan dengan budaya lokal anda. Berikut menu PMT yang dapat anda terapkan.

Tabel Menu PMT Ibu Hamil

NOMenu Ibu HamilMakanan  PokokHewani Nabati Sayuran / Buah 
1Nasi, telur goreng, tumis tempe, pisang ambonNasi TelurTumis tempePisang ambon 
2Bubur ayam, sate ati ayam, pepayaBubur Nasi Daging ayam dan hati ayam Pepaya
3Nasi, Sup ayam, Tempe, PepayaNasi Ayam Tempe Pepaya
4Nasi, Ikan goreng, Pepes Tahu, PepayaNasi IkanTahuPepaya
5Nasi, Sup Ikan, Tumis Tahu, Sayur Asem, SemangkaNasi IkanTahuSayur asem + Semangka
6Nasi, Gulai ikan dan telur puyuh, Pisang ambonNasi IkanTelur puyuh Pisang ambon 
7Nasi, Ikan goreng, Sayur bening, Rolade tahu, Pisang ambonNasi Ikan gorengTahuSayur bayam + pisang ambon 
8Nasi, semur ayam, Tumis tempe kacang panjang, ManggaNasi Ayam Tempe Mangga
9Nasi, Doncang telur puyuh oncom, PisangNasi Telur puyuhOncomPisang ambon 
10Nasi, ikan lele, tahu kukus, jerukNasi Ikan LeleTahuJeruk
12Nasi, Nugget tahu, tumis kangkung wortel, semangkaNasi Ayam TauTumis Kangkung wortel + semangka
13Nasi, Sup telur puyuh, Tempe, JerukNasi Telur puyuh Tempe Jeruk 
14Nasi, Perkedel kentang, Sayur sup ayam, JerukNasi Ayam KentangJeruk
15Nasi, pepes ayam kemangi, semur tahu, MelonNasi Ayam TahuMelon 

Makanan tambahan ibu hamil diperkaya dengan 11 macam vitamin (A,D,E,B1,B2,B3,B5,B6,B12,C,Asam Folat) dan 7 macam mineral (Besi, Kalsium, Natrium, Seng, Iodium, Fosfor, Selenium).

Program PMT yang direkomendasikan oleh pemerintah yang mengandung karbohidrat, protein nabati hewani, sayur dan buah untuk mencukupi gizi ibu hamil dan janin. Kebutuhan gizi ibu hamil perlu ditambah sesuai dengan usia kehamilan, dikarenakan adanya perkembangan dan pertumbuhan janin.

Untuk melakukan monitring intervensi PMT, perlu dilakukan pencatatan pelaporan hasil pengukuran di setiap 30 hari setelah pemberian PMT dengan cara menimbang berat badan, Pengukuran Lingkar Lengan Atas (LiLA) dan Konsumsi tablet tambah darah.

Rekomendasi Antropometri Kit Stunting

Antropometri kit adalah alat bantu yang digunakan untuk melakukan pengukuran dari berat badan, tinggi badan, dan lingkar lengan atas dan lingkar kepala. Antropometri kit stunting ini digunakan untuk mendeteksi stunting pada balita dan juga ibu hamil.

Alat Antropometri kit yang digunakan harus sudah berstandar kemenkes yang sudah ditetapkan pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No HK.01.07/MENKES/1182/2022 Tentang Standar Alat Antropometri dan Alat Deteksi Dini Perkembangan Anak. Macam Alat Antropometri kit Stunting :

  1. Stadiometer
  2. Infantometer
  3. Alat Ukur Lingkar Kepala atau LiLA
  4. Timbangan Digital

Alat Antropometri kit stunting dari PT Solo Abadi Indonesia sudah bersetandar Kemenkes dan sudah mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Indonesia. Kami menyediakan berbagai series bundling alat Antropometri kit dengan kualitas dalam negeri yang tidka perlu diragukan lagi.

Apabila anda tertarik, anda dapat emnghubungi kami melalui WhatsApp, anda juga dapat membeli nya secara langsung dengan cek pada layanan E-Catalog kami terdapat berbagai macam produk alat kesehatan yang sudah disediakan sesuai kebutuhan.

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?