Kapan Imunisasi BIAS 2024 Dilaksanakan? Simak Penjelasannya Di Sini!

Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) sudah menjadi agenda tahunan yang rutin dilaksanakan. Program BIAS sendiri merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah anak-anak dari potensi penyakit berbahaya sejak dini. Melalui program ini, diharapkan kekebalan tubuh anak dapat meningkat secara efektif sehingga tumbuh dan kembang anak tercapai secara optimal. 

Program BIAS memberikan beberapa jenis vaksin untuk langkah preventif yang wajib diperoleh. Imunisasi memiliki urgensi besar terhadap kesehatan masyarakat terutama anak-anak. Dampak imunisasi sendiri selain meningkatkan kekebalan tubuh juga mengurangi risiko ketika terjangkit penyakit. Situasi terburuk, jika seorang anak terjangkit penyakit berbahaya, ia tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Namun, perlu dicatat bahwa mengandalkan imunisasi saja tidak akan cukup, manfaat dari imunisasi dapat dirasakan secara maksimal dibarengi dengan pola hidup yang sehat dan bersih.

Kapan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Dilaksanakan? Simak Penjelasan Lengkapnya Di Sini!

Kapan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Dilaksanakan?

Agenda tahunan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dilaksanakan pada Agustus dan November setiap tahun. Program ini dilaksanakan di setiap sekolah di berbagai daerah. Oleh karena itu penting bagi orang tua maupun tenaga pendidik di sekolah untuk melaksanakan kegiatan ini secara maksimal dan menyeluruh. Anak sekolah yang dituju program ini adalah jenjang SD/MI. 

Sering terjadi selama program ini berlangsung, akan banyak anak-anak yang cukup histeris karena takut jarum suntik. Pastikan untuk selalu mendampingi anak dan menenangkan mereka sehingga kegiatan imunisasi bukanlah mimpi buruk bagi mereka. Para guru dan nakes yang akan bertugas juga perlu menyiapkan stamina ekstra nih untuk menghadapi perilaku super dari anak-anak yang akan diimunisasi!

Baca juga: Mengenal Sub Pekan Imunisasi Polio, Apa Itu? Bunda Wajib Tahu Nih!

Manfaat Imunisasi pada Anak Sekolah

Pemberian imunisasi tidak hanya meningkatkan dan menjaga kekebalan tubuh anak, namun juga memberikan beragam manfaat lain. Berikut beberapa manfaat yang anak akan peroleh dari menerima imunisasi menurut Kemenkes.

  • Perlindungan terhadap anak dari ancaman bakteri/virus penyakit tertentu.
  • Pencegahan dari penyakit menular akibat virus/bakteri.
  • Peningkatan pada status kesehatan bayi yang memengaruhi tumbuh dan kembang anak.
  • Upaya menghilangkan kecemasan akan terjangkit penyakit berbahaya dan mendorong pola hidup sehat.

Selain imunisasi, orang tua dapat mencegah mengetahui tumbuh kembang anak juga penting. Imunisasi akan berdampak maksimal apabila kecukupan gizi anak juga terpenuhi. Anak dengan gizi yang kurang akan dihantui oleh permasalahan stunting. Pantau tumbuh kembang anak dari ukuran tubuh mereka. 

Ketahui Ukuran Tubuh Anak yang Ideal dengan Ukuran Antropometri!

Parents dapat memantau pertumbuhan anak dengan Antropometri Kit yang dipersiapkan khusus untuk mengukur tubuh anak. Tak hanya untuk anak, tersedia alat ukur berat badan untuk keluarga dirumah sehingga kesehatan tubuh dapat terjaga sehat dan ideal. Dapatkan segera satu set alat ukur untuk anak dan keluarga.

Metrisis – Antropometri Kit telah terstandarisasi oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan telah digunakan lebih dari 1000 instansi kesehatan. Antrpometri Kit produksi PT Solo Abadi Indonesia hadir dengan satu set lengkap berisi:

  • Pengukur tinggi badan (stadiometer)
  • Pengukur panjang badan (infantometer board)
  • Pengukur lingkar lengan atas dan kepala (LILA)
  • Pengukur berat badan (timbangan dewasa digital)
  • Pengukur berat badan bayi (timbangan bayi digital)
  • Tas penyimpanan

Hubungi Sekarang dan Dapatkan Harga Terbaik

Segera dapatkan dengan langsung hubungi kami melalui Whatsapp dan sampaikan kebutuhan Anda! Tersedia juga untuk pembelian jumlah besar dan dapatkan penawaran terbaik bersama kami. Cek E-Katalog kami sekarang!!

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?