Fetal Doppler Sebaiknya Digunakan pada Ibu Hamil Usia Berapa? Simak Penjelasannya

Periode penggunaan Fetal Doppler bagi ibu hamil penting untuk diperhatikan, sebagai gambaran dalam perawatan antenatal atau prenatal.

Fetal Doppler sendiri merupakan instrumen kesehatan yang digunakan untuk memeriksa detak jantung janin. Konsep yang diterapkan di Fetal Doppler pertama kali digagas oleh Fisikawan Christian Doppler. Christian Doppler (29 November 1803 – 17 Maret 1853) merupakan seorang fisikawan dan matematikawan kelahiran Austria.

Doppler terkenal atas kontribusinya dalam menyusun prinsip tentang sebuah fenomena yang dinamakan Efek Doppler. Efek Doppler ini banyak dimanfaatkan dalam bidang medis, antara lain untuk mengukur kecepatan aliran darah di dalam pembuluh darah dengan gelombang ultrasonik.

Pemanfaatan lain dari efek Doppler dalam bidang medis, yaitu digunakan untuk mendeteksi detak jantung janin dalam kandungan menggunakan gelombang ultrasonik. Alatnya ringkas dan portabel yang dikenal masyarakat sebagai Fetal Doppler.

Fetal Doppler Sebaiknya Digunakan pada Ibu Hamil Usia Berapa?

Seperti disinggung, Fetal Doppler adalah alat diagnostik yang digunakan untuk mendeteksi detak jantung bayi yang menggunakan prinsip pantulan gelombeng elektromagnetik. Alat ini sangat berguna untuk mengetahui kondisi kesehatan janin, dan aman digunakan dan bersifat non invasif.

Alat Fetal Doppler sebagai pendeteksi dan menampilkan detak jantung janin yang berada dalam kadnungan maka dibutuhkan faktor akurasi dan keamanan alat sesuai dengan ketentuan yag di inginkan. Alat kesehatan yang berhubungan langsung dengan manusia dan sangat kritis (berhubungan dengan nyawa) wajib dilakukan kalibrasi untuk menjamin kebenaran nilai keluaran dan keselamatan pemakainya.

Akurasi suatu instrumen timbul dari kalibrasi yang benar, artinya hasil pengukuran dapat ditelusuri kembali ke standar nasional ataupun internasional, atas dasar inilah perlu dilakukan kalibrasi pada alat fetal doppler sesuai dengan ketentuan yang sudah di jadwalkan.

fetal doppler

Fetal Doppler umumnya digunakan pada trimester kedua dan ketiga kehamilan setelah detak jantung jann dapat didengar dengan jelas. Alat ini biasanya digunakan oleh tenga medis seperti dokter atau bidan. Detak jantung janin pertama kali muncul pada 22-23 hari setelah pembuahan, yaitu pada pertengahan minggu kelima. Namun, detak jantung janin biasanya mulai bisa didengar dengan fetal Doppler pada usia kehamilan ke-10 sampai 12 minggu.

Jantung janin sebenarnya mulai berdetak di sekitar minggu keenam usia kehamilan. Namun, detaknya masih terlalu lemah untuk bisa terdeteksi oleh alat medis. Seiring bertambanya usia kehamilan, jantung janin terus tumbuh dan berkembang. Detak jantung janin pun makin kuat dari waktu ke waktu hingga akhirnya bisa di dengar.

Cara kerja dengan memancarkan gelombang ultrasonik ke dalam tubuh, kemudian diterima kembali oleh sensor dalam alat dan diubah menjadi suara. Suara ini akan memberikan informasi tentang detak jantung janin dan membantu dokter atau bidan dalam memantau kesehatan janin selama kehamilan.

Normalnya, denyut jantung janin sudah mulai berdetak ketika usianya sudah 6 minggu dan jumlah denyut jantungnya akan bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Di usia 6 minggu, denyut jantung yan normal adalah 90 hingga 110 denyut per menit (dpm). memasuki 9 minggu ke atas bertambah antara 120 hingga 160 dpm.

Jika denyut jantung hanya berjumlah kurang dari 90 dpm pada usia kehamilan antara 5 hingga 8 minggu, maka kondisi tersebut memiliki risiko tinggi terjadinya keguguran. Sang ibu harus mengonsumsi makanan yang bergizi sehingga pemenuhan kebutuhan nutrisi janin dapat tercukupi.

fetal doppler

Cara Mendengar Detak Jantung Janin

USG kandungan atau sonogram adalah metode yang paling akurat dan sering digunakan oleh dokter atau bidan anda untuk memeriksa detak jantung bayi.

Selain memeriksa detak jantung, dokter kandungan juga dapat menggunakan USG untuk memastikan beberapa hal berikut :

  • Kehamilan pada enam minggu
  • Menentukan usia dan ukuran janin
  • Mengesampingkan masalah dengan kehamilan
  • Memeriksa kemungkinan hamil kembar

Anda mungkin dapat mendengar detak jantung pertama janin lewat fetal doppler pada kunjungan konsultasi rutin anda. Dokter atau bidan Anda mungkin dapat mendeteksi detak jantung bayi menggunakan Doppler pada usia kehamilan 10 minggu, tetapi detak jantung jenin lebih sering terdengar di minggu ke-12.

Anda dapat mendengar suara jantung pertama janin akan sangat tergantung pada ukuran tubuh anda, posisi rahim, lokasi bayi, dan keakuratan usia kehamilan.

Itulah berbagai hal yang perlu anda ketahui seputar detak jantung janin. Jika detak jantung bayi anda belum juga terdengar, tidak perlu panik. Ini merupakan kejadian yang cukup lumrah dan memiliki berbagai alasan di baliknya, seperti usia janin, lokasi bayi, posisi rahim dan keakuratan usia kehamilan.

Penting, perlu diketahui untuk pemakaian alat fetal doppler ini harus diketahui atau dengan panjuran dokter atau bidan. Karena, ada beberapa hal yang memang ada ketentuan dan syarat-syarat pemakaianya.

fetal doppler 2

Rekomendasi Fetal Doppler Terbaik Sesuai Standar Kemenkes

Metrisis – Fetal Doppler produksi PT Solo Abadi Indonesia Anda dapat memesan dan order langsung kepada kami PT. Solo Abadi Indonesia sesuaikan keinginan anda dengan mengisi Ask For Price yang tersedia.

Ketahui lebih lanjut tentang PT. Solo Abadi Indonesia dengan kunjungi website, kami menyediakan berbagai alat kesehatan yang anda butuhkan. Selain itu, anda juga dapat terhubung langsung dengan admin melalui WhatsApp.

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?