Di Mana Letak Suprailiac Skinfold dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

Suprailiac Skinfold adalah salah satu dari 7 titik pengukuran lipatan kulit Jackson-Pollock. Disebut juga sebagai pengukuran Iliac, titik ini membantu merepresentasikan lemak di area abdomen. Lalu, di mana letak Suprailiac dan bagaimana cara mengukurnya?

Dimana Letak Suprailiac Skinfold?

Suprailiac Skinfold

Suprailiac adalah bagian anatomi tubuh manusia yang terletak diatas tulang pinggul atau illiac crest. Tepatnya, Suprailiac berada dibawah tulang rusuk paling bawah dan sejajar dengan sumbu tengah badan. Untuk melakukan pengukuran ini, kamu perlu menyiapkan Harpenden Skinfold Caliper atau Slim Guard Caliper.

Kesalahan dalam pengambilan titik Suprailiac, menyebabkan error pada hasil densitas tubuh. Densitas tubuh adalah ukuran yang digunakan dalam penilaian komposisi tubuh seseorang. Hal ini mengacu pada jumlah massa dalam volume tertentu dari tubuh seseorang. Selain kesalahan pengukuran, perbedaan jenis kelamin juga dapat menyebabkan error pada hasil. Meskipun begitu, error pada pengukuran Suprailiac jarang ditemukan.

Bagaimana Cara Mengukur Suprailiac Skinfold ?

1. Siapkan Harpenden Skinfold Caliper ataupun Slim Guard Caliper

Harpenden Skinfold Caliper adalah alat ukur lemak subskapular. Dengan presisi yang tinggi, alat ini digunakan di berbagai penelitian ilmiah dan penilaian kebugaran. Harpenden Skinfold Caliper bermaterial Stainless Steel dan Alumunium. Sehingga, membuat alat ini tahan lama dan anti karat.

Selain itu, Harpenden Skinfold Caliper juga dilengkapi dengan skala pegas yang otomatis akan bergerak merepresentasikan ketebalan lemak. Sedangkan, Slim Guard Caliper bermaterial plastik yang membuatnya lebih ringan daripada Harpenden Skinfold Caliper. Namun, jika menggunakan Slim Guard Caliper, anda perlu membaca skala secara manual.

2. Tandai Titik Suprailiac

Suprailiac Skinfold

Titik suprailiac berada diantara tulang rusuk terakhir dan tulang pinggul. Gunakan spidol atau marker untuk menandai secara horizontal. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan titik yang tepat pula. Kemudian jepit lipatan lemak sebesar 1-2 cm dan baca pengukuran setelah 2-3 detik.

3. Ulangi Pengukuran Hingga 3 Kali

Untuk mendapatkan data pengukuran lipatan lemak, kamu harus mengulangi pengukuran hingga 3 kali. Kemudain menghitung rata-rata pada ketiganya. Hitung dengan pengukuran 7 sites of James Pollock. Pengukuran ini juga didasarkan pada umur dan jenis kelamin objek pengukurannya.

Berikut adalah rumus pengukuran 7 titik dari James Pollock.

Untuk Laki-Laki

Ketebalan Tubuh atau Body Density  = 1,112 - (0,00043499 x jumlah lipatan kulit) + (0,00000055 x kuadrat jumlah situs lipatan kulit) - (0,00028826 x usia), di mana situs lipatan kulit diukur dalam mm.

Situs Lipatan Kulit: Dada, Ketek, Trisep, Subskapular, Perut, Suprailiac, dan Paha
 (referensi: Jackson, A.S. & Pollock, M.L. (1978), berdasarkan sampel usia 18-61) 

Untuk Perempuan

Ketebalan Tubuh atau Body Density = 1,097 - (0,00046971 x jumlah lipatan kulit) + (0,00000056 x kuadrat jumlah situs lipatan kulit) - (0,00012828 x usia), di mana situs lipatan kulit diukur dalam mm.

Situs Lipatan Kulit: Dada, Ketiak, Trisep, Subskapular, Perut, Suprailiac, dan Paha (referensi: Jackson, et al. (1980), berdasarkan sampel usia 18-55) 

Gunakan Skinfold Caliper yang Terkalibrasi

Skinfold Caliper terdiri atas dua tipe yakni Harpenden Skinfold Caliper dan Slim Guide Caliper. Keduanya memiliki fungsi yang sama. Perbedaan keduanya hanya terdapat pada bahan dasar instrumennya. Dimana, Harpenden Skinfold Caliper berbahan dasar Stainless dan Alumunium dengan grade tertinggi.

Suprailiac-Skinfold

Sebaliknya, Slim Guide Skinfold Caliper berbahan dasar plastik yang lebih mudah untuk digunakan karena bahannya yang ringan. Meskipun begitu, keduanya merupakan instrumen ukur portable yang dapat dibawa kemanapun.

Presentase Lemak Tubuh

Dapatkan Skinfold Caliper Terbaik!

PT. Solo Abadi Indonesia  secara penuh mendukung Pemerintah Indonesia untuk menciptakan inovasi dan memperdalam riset ergonomi serta menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Selaku sektor privat kami senantiasa terbuka atas kolaborasi riset ergonomi dan antropometri demi mendukung ekosistem ergonomi yang baik di Indonesia dan di dunia.

Hubungi admin kami untuk melakukan konsultasi lebih lanjut melalui WhatsApp serta dapatkan informasi lebih lanjut melalui www.soloabadi.com.

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?