2022 Masih Bingung Pakai Timbangan Konvensional Atau Digital? Simak Penjelasannya!

Timbangan adalah alat untuk mengukur benda yang memiliki berat. Alat ini punya peran penting dalam dunia perniagaan dan kesehatan. Berdasarkan jenisnya, timbangan dapat di bedakan menjadi 2 (dua), yaitu timbangan konvensional dan timbangan digital.

Namun, apakah anda tahu perbedaan dari kedua timbangan tersebut? Pada artikel ini akan dibahas lebih mendalam tentang timbangan konvensional dan timbangan digital. Yuk kita bahas!

Timbangan Konvensional

Timbangan konvensional merupakan timbangan yang pertama kali hadir sebelum timbangan digital muncul. Sistem kerja dari timbangan konvensional ini terbagi menjadi dua, yaitu menggunakan pegas dan menggunakan perantara manusia untuk pengukurannya. Sampai saat ini, timbangan konvensional masih banyak digunakan di sekitar kita, seperti posyandu, berdagang, dsb.

Sumber: medicalogy.com

Timbangan Digital

Timbangan digital adalah bentuk modern dari timbangan konvensional. Timbangan digital bekerja secara elektronik menggunakan sensor dan IC guna mempermudah penimbangan. Sistem kerja dari timbangan digital yaitu, saat beban berada di atas timbangan, sensor berat akan meneruskan nilai berat tersebut ke IC untuk diolah dan ditampilkan pada LCD Display yang ada pada timbangan. Fungsi dan keberadaan timbangan digital ada banyak disekitar kita, seperti timbangan berat badan, timbangan makanan, dsb.

Sumber: iprice.co.id

Timbangan Konvensional VS Timbangan Digital

Timbangan konvensional memiliki struktur yang lebih kokoh karena terbuat dari logam. Material dari logam membuat ukuran timbangan konvensional menjadi berat dan besar, sehingga tidak mudah dipinda-pindah atau disimpan. Namun dengan struktur material dari logam, membuat timbangan konvensional dipercaya lebih tahan lama.

Selain itu, menggunakan timbangan konvensional memerlukan ketelitian lebih untuk membaca hasil pengukuran. Karena, pada timbangan konvensional memiliki garis ukur yang setiap panjangnya memiliki arti tersendiri. Juga, sebelum menimbang harus dipastikan jarum timbangan berada diangka nol, supaya mendapatkan hasil penimbangan yang lebih akurat.

Berbeda dengan timbangan digital. Timbangan digital terbuat dari bahan plastik atau kaca. Struktur material seperti ini membuat bentuk dan berat timbangan digital lebih praktis. Tujuan dari adanya timbangan digital yaitu untuk mempermudah pengguna dalam menimbang. Sehingga, dengan adanya LCD Display pada timbangan digital membuat pengguna lebih mudah mengetahui hasil penimbangan.

Didukung dengan adanya sensor pada timbangan, membuat hasil penimbangan pada timbangan digital lebih akurat dibandingkan dengan timbangan konvensional. Berbeda dengan timbangan konvensional yang tidak memerlukan baterai, timbangan digital berprinsip kerja elektronis, sehingga membutuhkan baterai yang harus diganti secara berkala agar timbangan digital dapat terus bekerja.

2022, Saatnya Beralih ke Digital!

Tahun 2022, merupakan tahun dimana semua alat diarahkan menjadi digital, termasuk timbangan. Timbangan merupakan contoh kecil dari digitalisasi yang mempermudah hidup pengguna. Dengan timbangan digital, pengguna tidak akan kesulitan membaca hasil penimbangan. Selain itu, timbangan digital juga memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi dibandingan dengan timbangan konvensional. Ukuran yang minimalis dan ringan, membuat timbangan digital cocok digunakan dan mudah disimpan.

Timbangan Digital Terakurat

Saat ini banyak perusahaan berlomba-lomba melakukan riset untuk meningkatkan akurasi timbangan digital, begitupun dengan PT Solo Abadi Indonesia. Timbangan berat badan digital yang dilengkapi dengan sensor, IC, dan LCD Display membuat hasil pengukuran berat badan memiliki akurasi tinggi, mudah, efisien dan efektif. Dengan desain yang simple dan ringan, membuat timbangan ini mudah digunakan dan disimpan.

Timbangan berat badan digital dari SOLO ABADI sudah lolos SNI dan Kemenkes RI, serta sudah dikirimkan ke berbagai wilayah di Indonesia. Berikut detail dari produk timbangan berat badan digital kami.

Baca Juga :    Anak Stunting Sejak Bayi, Apakah Bisa Diatasi Ketika Dewasa? 

Kontak Kami Untuk Mendapatkan Produk Timbangan Digital

Dapatkan timbangan digital dari Solo Abadi dengan mengisi ask for price yang tersedia. Anda juga dapat terhubung secara langsung melalui WhatsApp kami, karena kami siap untuk menghubungi anda segera.

Facebook Comments
Bagikan!
WeCreativez WhatsApp Support
Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
👋 Hallo, Ada yang bisa saya bantu?